PENGARUH ETOS KERJA, PENGEMBANGAN KARIR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PT. GRAND PURI PERSADA (COLORLINK BALI)

Authors

  • Mega Utari Sain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Etos kerja, pengembangan karir, lingkungan kerja, produktivitas kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etos kerja, pengembangan karir, dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja pada PT. Grand Puri Persada (Colorlink Bali). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang terdiri dari 37 responden karyawan PT. Grand Puri Persada (Colorlink Bali) yang ditentukan menggunakan teknik sensus atau sampling total. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rgresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, (2) pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dan (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Pihak PT. Grand Puri Persada diharapkan dapat memberikan sanksi yang tegas bagi karyawan yang tidak mematuhi peraturan yang ditetapkan, perusahaan mengadakan program perencanaan pengembangan karir karyawan, dan harus menciptakan lingkungan kerja yang nyaman karena mempengaruhi peningkatakan produktivitas kerja.

References

Nitisemito, Alex S. 2013. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia) Cetakan VIII. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Handaru, A. W. dan Susita, D. 2019. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Kasus PT Artolite Indah Mediatama). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 386-404.

Hersusetiyati, H., dan Sopyan, A. 2021. Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung Tahun 2019). Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (Dimmensi), 1(1), 49-56.

Mawaliya, S. C. 2022. Pengaruh Etos Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Studi Kasus Pada Umkm Singkong Keju D-9.

Palendeng, O., Mundung, B., dan Pontoh, J. 2022. Pengaruh Etos Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Pengrajin Rumah Panggung di Kelurahan Woloan Kecamatan Tomohon Barat. Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1, pp.1-13.

Panjaitan, M. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Vol 3, No. 2, Hal 1-5.

Perteka, I. W. E. S., Mitariani, N. W. E., dan Imbayani, I. G. A. 2020. Pengaruh Job Description Dan Pengembangan Karir Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Anulekha Resort & Villa Di Ubud. VALUES, Vol 1, No. 4.

Purnami, N. M. I., dan Utama, I. W. M. (2019). Pengaruh Pemberdayaan, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol 8, No. 9, pp.5611-5631.

Rampisela, V. A., dan Lumintang, G. G. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Upah Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Dayana Cipta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol 8, No. 1

Saleh, A. R., dan Utomo, H. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT. InkoJava Semarang. Among Makarti, Vol 11, No.1.

Salmida. 2019. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Tingkat II Kota Subulussalam Aceh.

Subiantoro, D., Surabagiarta, I. K., dan Purnaningrum, E. 2020. Pengaruh Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Produktivitas Kerja di Perum JAMKRINDO (Jaminan Kredit Indonesia) Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), Vol 1, No. 1, pp. 411-418.

Sucitra, D. 2021. Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada Instansi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, Vol 2, No. 2.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis, CETXII, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles