PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA TEGAK KLUNGKUNG

Authors

  • Ni Luh Wira Dewiyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Mustika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

lingkungan kerja fisik, stress kerja, kinerja pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja fisik dan stress kerja terhadap kinerja pegawai. Salah satu aspek pokok dari manajemen yang berkaitan dengan sumber daya manusia adalah aspek yang berkaitan dengan kinerja pegawai. Tujuan penilaian kinerja adalah untuk mengetahui keberhasilan atau ketidak berhasilan seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Salah satu variabel yang mempengaruhi kinerja pegawai adalah lingkungan kerja fisik. Lingkungan kerja fisik adalah semua hal yang berwujud dan berada dilingkungan kerja serta secara langsung mempengaruhi kinerja pegawai Selain lingkungan kerja fisik, stres juga dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Karyawan yang mengalami stres kerja akan menjadi gugup dan menemui kekhawatiran yang berlebihan. Hal itu mempengaruhi emosi seseorang, pemikiran dan keadaan seseorang.

Penelitian ini dilakukan di kantor Desa Tegak Klungkung yang beralamat di jalan Raya Besakih, Tegak, Kecamatan Klungkung. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Desa Tegak Klungkung yang berjumlah 35 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji F, dan uji t dengan alat yang digunakan adalah SPSS 22.00.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, ini berarti semakin baik lingkungan kerja fisik pada Kantor Desa Tegak Klungkung maka kinerja pegawai juga akan meningkat. Serta stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, ini berarti semakin tinggi stress kerja yang dirasakan pegawai pada Kantor Desa Tegak Klungkung maka kinerja pegawai akan menurun.

References

Budiarta, I. P. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kompensasi dan Lingkungan Kerja Fisik dan Smart Kerja Terhadap Kator Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klungkung. Skripsi. Peogram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dewi, I. A. P. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Pasarraya Kuta di Kabupaten Badung. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Dwijana, I. K. A. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinera Karyawan Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Denpasar. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Hamidah, Nur. (2018). Pengaruh Kedesiplinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Pujimulio Kecamatan Sunggal. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kristanti, Erlina. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Stres Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja. (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Mojokerto Kota). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol.5, No. 1, Pp.1-9.

Novianti, N.W. Y. (2021). Pengaruh Stres Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Turnover Intetion Karyawan Pada Warung Carik Aban, Darmasaba, Abiansimal Badung. Skripsi. Peogram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rahayu, K. W. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Manajemen. Vol. 6.No. 1, Pp. 177-182.

Rahmawati, R., Mitariani, N. W. E. dan Atmaja, N.P D. (2021). PengaruhLingkungan Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Indomaret CO Cabang Nangka. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 3, Pp. 191-200.

Rohmah, Faizatur. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Skripsi. Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Guru Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Sari, N. P. P. K. (2021). Pengaruh Kompensasi, Karakteristik Individu, Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Dufrindo Internasional Bali. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar..

Sukiasih, N. M. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimediasi oleh Komitmen Organisasi (Studi Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM Provinsi Bali). Tesis. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sukreni, K. H. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Smart Kerja pada Koperasi Wira Darma Gunaksa Klungkung. Skripsi. Peogram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Zain, D, N, W. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles