PENGARUH HUMAN RELATION, KONDISI FISIK LINGKUNGAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PELAYANAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PROVINSI BALI DI KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Ni Putu Nina Dharma Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Made Widiadnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sapta Rini Widyawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kinerja pegawai, human relation, lingkungan kerja fisik, iklim organisasi, sumber daya manusia

Abstract

Salah satu hal terpenting yang berkaitan dengan sumber daya manusia adalah permasalahan kinerja. Fenomena yang dihadapi UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Badung dari aspek sumber daya manusia adalah kinerja pegawai yang kurang maksimal hal ini dapat dilihat dari hasil kerja pegawai yang belum memuaskan bagi instansi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh human relation, kondisi fisik lingkungan kerja  dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Badung. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode kuisioner, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji t).

Hasil penelitian dengan menggunakan uji analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel human relations sebesar 0.256 dengan tingkat signifikansi 0.019 yang mana lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa human relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa human relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai diterima, selanjutnya hasil penelitian dengan menggunakan uji analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel lingkungan kerja fisik sebesar 0.298 dengan tingkat signifikansi 0.000 yang mana lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai diterima, hasil penelitian dengan menggunakan uji analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel motvias sebesar 0.330 dengan tingkat signifikansi 0.000 yang mana lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sehingga hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai diterima.

References

Asrifah. (2015). Pengaruh Human Relation Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Vol 3 Nomor 2.

Fadillah. (2015). Pengaruh Human Relation (Hubungan Antar Manusia), Kondisi Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Mutivirate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan Malayu, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Karundeng. (2013). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Taspen (Persero) Cabang Manado.

Prihastoto. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT Prime Line Internasional Malang.

Rahmawanti. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pertama Malang).

Hasibuan H. S.P, (2010). Organisasi dan Motivasi. Jakarrta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti. (2011). Tata Cara dan Produktivitas Kerja : Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara MAnusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanti. (2014). Pengaruh Human Relation dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap KInerja Karyawan (Studi pada karyawan dinas pekerjaan umum Cipta Karya Kabupaten Lamongan.

Talumantak Angreini, K. C. (2016). Pengaruh Human Relationship dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara . Jurnal Vol 16 No 1.

Thoyib. (2013). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan di Rumah Sakit.

Virgiyanti. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Divisi Fresh PT Trans Retail Indonesia (Carefour) Plaza Tangerang City.

Yeni, M. d. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Pemasaran Pada PT Telkom Divisi Telkom Flexi Medan.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Hasibuan, Malayu S.P., 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) cetakan ke 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yogi Pratanca Sembiring. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawn Pada PT Perkebunan Sumatera Utara.

Sari, Dwi Maya (2016) Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Tabungan Negara (Btn) Syariah).

Rahmadewi, Suci; Fauzan, Rizky. 2016. Pengaruh Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Stasiun Meteorologi Kelas II Supadio Pontianak)

I Made Purba Astakoni. 2015. Pengaruh Motivasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Koperasi Asadana Semesta, Denpasar)

Galih Adi Saputro, Azis Fathoni. 2017. Analisis Pengaruh ( Human Relation / Hubungan Antar Manusia ) Dan Kondisi Fisik Lingkungan Kerja Terhadap Etos Kerja Dan Dan Kinerja Karyawan Pt Karunia Adijaya Mandiri Semarang

Solikin, Arga Irham. 2018. Pengaruh kepemimpinan dan human relation terhadap kinerja karyawan melalui motivasi : Studi pada karyawan PT. Suling Mas produsen kacang shanghai dan mie cap "Macan" di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Sunyoto, Dadang. 2011. Perilaku Organisasi, Penerbit Alfabeta Bandung.

Iqbal Nazili. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan : Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada karyawan PT Garuda Indonesia Kota Semarang). Skripsi. Bandung : Universitas Diponegoro

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi Dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiman, Arif. 2017. Analisis Pengaruh Work-Family Conflict, Burnout Dan Stres Kerja Terhadap Kineja Karyawan Asri Medical Center Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta :Universitas Muhamadyah

Widyanggoro Pamungkas, Cepi S. Abdul Jabar. 2014. Pengaruh Profesionalitas, Kepuasan Keja Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMKN Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles