PENGARUH VIRAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • I Gede Ariasa Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian, Viral Marketing, Brand Awareness, Celebrity Endorser Marketplace

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya smartphone, telah membuka peluang bisnis melalui internet, atau yang dikenal sebagai e-commerce. Semakin maraknya bisnis di internet tentu saja hal ini akan mengakibatkan persaingan di dalam bisnis online semakin ketat. Hal ini mengharuskan toko online untuk memperhatikan faktor - faktor seperti pengunaan viral marketing dan celebrity endorser yang membuat toko online dapat bertahan,berkembang dan dapat menciptakan brand awareness. Sehingga toko online perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumenya.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing,brand awareness dan celebrity endorser terhadap keputusan pemblian. Populasi pada penelitian adalah pengguna Shopee di kota Denpasar dengan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisoner yang menggunakan teknik analisis regeresi linier berganda.

Hasil menunjukkan bahwa secara parsial viral marketing,brand awareness dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini viral marketing mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Kota Denpasar

References

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap KeputusanPembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di eiger store royal plaza surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953-958.

Belch, G.E. dan Belch, M.E. 2004. Advertising and Promotion: An IntegratedMarketing Communications Perspective, 6th Edition. McGraw Hill. NY

Buana, A. P. (2022). Pengaruh Viral Marketing,CelebrityEndorsement, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Brand Scarlett (Doctoral dissertation, STIE YKPN Yogyakarta).

Cahyanti, M. M. (2022). MENGUATKAN KEPUTUSAN PILIHAN MELALUI STRATEGI VIRAL MARKETING DAN WORD OF MOUTH (WOM). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 95-108.

Durianto, Darmadi., Sugiarto., dan Sitinjak, T.2004.Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian DiOnlineShopShopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91-109.

Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110-118.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2)

Kuhu, T. T., Tumbel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh viral marketing, celebrity endorser, dan brand trust terhadap keputusan pembelian di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. JURNALADMINISTRASI BISNIS (JAB), 8(1), 44-54.

Lestari, M. A., Nurhajati, N., & Basalamah, M. R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lokal Erigo (Studi Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2018-2019 Pengguna Shopeee). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(19).

Millennium, A. S., Suardana, I. W., & Negara, I. M. K. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) p-ISSN, 2338, 8633.

Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 27-37.

Muthiah, F., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic, dan Emotional Branding terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal IlmiahManajemenKesatuan, 7(2), 259-267.Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81-96.

Naruliza, E., & Suseno, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Kota Palembang. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 17(1), 97-108.

Pratama, C. A., & Rakhman, A. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KEPUASAN PELANGGAN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ACNECARE SCARLETT WHITENING DI KELAPA GADING, JAKARTA UTARA. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 621-628.

Putri, S. L., & Deniza, M. P. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang. Jurnal agrica, 11(2), 70-78.

Pristiwasa, P. S. S., & Widodo, A. (2019). Efektifitas Viral Marketing Menggunakan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. eProceedings of Management, 6(2).

Sandala, D., Massie, J. D., & Tumbuan, W. J. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Sukma, K. A. D. S. K., Nurcahya, I. K., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men's Biore (Doctoral dissertation, Udayana University).

Syuhada, P. S., & Wudodo, A. (2019). Efectiveness Of Viral Marketing Using Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions On Shopee Putu Syahdira Syuhada P, 2) Arry Widodo. ISSN: 2355-9357 e-Proceeding of Management, 6(2), 3955-3963.

Sutrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 5(4).

Sandala, D., Massie, J. D., & Tumbuan, W. J. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Tanuwijaya, J., & Mulyandi, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(5), 368-373.

Tjondrokoesoemo, M. (2017). Celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(03), 287-295.

Upadana, M. W. K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), 1921-1941.

Widiyana, D., & Juanim, H. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING VIRAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Pada Coffee Shop Beda Cerita Coffee) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan Bandung).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles