PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI KONSUMEN PADA PONDOK KOPI PENGLIPURAN BANGLI

Authors

  • I Komang Sudiarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lokasi, Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Minat Beli Kembali

Abstract

Tempat kopi/coffe shop tumbuh dengan sangat subur karena semakin pesatnya para penikmat kopi, maka dari itu dibutuhkan tempat untuk menyediakan dan memfalisitasi akan masalah seputar konsumsi kopi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, pelayanan dan cita rasa produk terhadap minat beli kembali konsumen pada Pondok Kopi Penglipuran Bangli.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah belanja di Pondok Kopi Penglipuran. Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa jumlah sampel adalah sebanyak 189 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis data secara statistik membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel lokasiminat beli kembalipada Pondok Kopi Penglipuran Bangli. Kualitas pelayananberpengaruh positif terhadap minat beli kembali konsumen di Pondok Kopi Penglipuran Bangli. Cita rasaberpengaruh positif terhadap minat beli kembali konsumen di Pondok Kopi Penglipuran Bangli.

References

Algerio, M. 2022. Pengaruh Keanekaragaman Produk, Cita Rasa, Lokasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen IPPO Friend Chicken (Studi Kasus Pada Konsumen IPPO Fried Chicken, di Bekasi Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Anggraini, N. 2018. Harga, lokasi, kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada zahara hijab collection warujayeng (pp. 1–108).universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UN PGRI KEDIRI.

Antari, N. M. H., & Pratiwi, K. A. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Pembelian Ulang. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(4), 1011-1018.

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, KUalitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Emas, 3(3), 217-230.

Djimantoro, S., & Chandra, E. 2019. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi, Harga Dan Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Turis Lokal. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 7(1).

Hasan, Ali 2018. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan (cetakan pertama). Yogyakarta: Media Pressindo

Kurniawan, B. F. 2021. Analisi Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk, Terhadap Kepuasan Konsumen, Dampaknya Pada MInat Beli Ulang Tahu Khas Kemitir(Mas Surya) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. 2021. Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150-159.

Maimunah, Siti. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen.” Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen 1(2):57–68.

Melda, Eti Arini, And Ade Tiara Yulinda. 2020. “Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Enterpreneur Dan Manajemen Sains (Jems) 1(2):143–49.

Nazmudin, Y. 2019. Pengaruh Cita Rasa Dan Lokasi Terhadap Minat Konsumen Kue Balok Babakan (Studi di Home Industri Kue Balok Babakan Cikedal).In Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (pp. 30–34).Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nisa, A. S. 2018. Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Berbelanja Online Di Instagram (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

PRAYOGA, R. H. 2018. Analisi Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Produk Frpzen Olahan Ikan “QUEEN”(Survey padakonsumen CV. Banyu Asin “Ragil” Pacitan) (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. VALUES, 1(3).

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17525/16774

Rusydi, A. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, Bandung: Alfabeta.

Saputra, Y., Sjafitri, H., & Candra, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Jasa, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada Bengkel Fery Motor Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 67-76.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Wijayanto, A. 2022. Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Di Pondok Bakso Kang Bangkot Kabupaten Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles