PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY), GAYA HIDUP DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

Authors

  • I Gede Rian Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudi Hendrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian, Ekuitas Merek, Gaya Hidup, Kepribadian

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (brand equity), gaya hidup, dan kepribadian terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati DenpasarPopulasi dalam penelitian ini adalah 1.106 orang mahasiswa program studi manajemen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden mahasiswa yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan syarat mahasiswa pernah menggunakan smartphoneSamsung. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial diperoleh hasil bahwa ekuitas merek (brand equity), gaya hidup, dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphoneSamsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

References

Aaker. 2018. Manajemen Ekuitas

Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Ajzen, I. 1985. From Intentions to Action: A Theory of Planned Behavior. New York: Springer.

Algustin, W., & Matoati, R. 2020.

Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol

, No. 1.

Alma, Buchari. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Amstrong, G., & Kotler, P. 2012.

Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Ansary, A., & Nik, H. N. M. H. (2018).

Brand image and equity: the mediating role of brand equity drivers and moderating effects of product type and word of mouth. Review of Managerial Science, Vol 12, No. 4, pp. 969-1002.

Badjamal, F. A. 2019. Pengaruh Gaya Hidup dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Merek Samsung Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, Vol 7, No. 2, pp. 1-11.

Balawera, A. 2013. Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,

Bisnis dan Akuntansi, Vol 1, No.

Wahyuni, Dini. 2020. Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Ke Nextdoor Cafe Di Palu. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 6, No. 3.

Fadjar, C., Juanna, A., & Ismail, Y. L.

Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 5, No. 1, pp. 339-349.

Farisi, S. 2018. Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business (NCMAB).

Fitriyah. 2021. Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Cash On Delivery COD Pada Pelaku Umkm Di Sidoarjo. Jurnal Greenomika, Vol 3, No. 2, pp. 105-112.

Gómez, M., Fernández, A. C., Molina, A., & Aranda, E. (2018). City branding in European capitals: An analysis from the visitor perspective. Journal of Destination Marketing and

Management, Vol 7, pp. 190–

Handryanto. 2021. Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Layanan Premium Aplikasi Streaming Musik Spotify Di Jakarta. Jurnal Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Kadir, H. A., Syarifuddin, T., Wahba, W., Rahman, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Jurnal Sinar Manajemen, Vol 5, No. 2, pp.

-117.

Kartika, D. A. 2018. Pengaruh Kepribadian Merek Terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada Konsumen yang Membeli Produk Bedak Tabur Pixy di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kotler, P., & Keller, K. L. 2018.

Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kurniawan, A., & Dwijayanti, R. 2021.

Pengaruh ekuitas merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sepeda merek Polygon pada masyarakat kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga

(JPTN), Vol 9, No. 3, pp. 1512-

Kusumawati, M., & Indriani, F.

Analisis Pengaruh Ciri Kepribadian Dan Kualitas Website Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Lin, L. Y., & Shih, H. Y. 2012. The Relationship of University Student’s Lifestyle, Money Attitude, Personal Value and their Purchase Decision. Internasional Journal of Research in Management, Vol 1, No. 2, pp. 19-37.

Nuraini, Y., & Santoso, E. B. 2019.

Pengaruh Kualitas Produk Dan Faktor Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Makanan Cepat Saji Pada Lazizaa Chicken & Pizza Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 4, No.2, pp. 433-436.

Priansa, D. J. 2016. Pengaruh e-wom dan persepsi nilai terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online di Lazada. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, Vol 4, No.1, pp. 117-124.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2018.

Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Romero, J., & Yague, M. J. 2016.

Marketing assets: Relating brand equity and customer AdBispreneur. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.

, No. 1.

Sherman, S. M., Follows, H., Mushore, A. B. R., Hampson-Jones, K., & Wright-Bevans, K. 2015. Television advertisements create false memories for competitor brands. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, Vol 4, No. 1, pp. 1-7.

Siregar, K. R. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (Doctoral dissertation).

Sukmarani, A. 2022. Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol 10, No.3, pp. 890-899.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sun, Y., Garrett, T. C., Phau, I., & Zheng, B. 2018. Case-based models of customerperceived sustainable marketing and its effect on perceived customer

equity. Journal of Business

Research, Vol 11, pp. 1-8.

Sya’idah, E. H. 2020. Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), Vol 5, No. 3, pp. 204.

Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Strategik. Bandung: ANDI Yogyakarta.

Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. 2021. Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen shopee). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 6, No. 1, pp.

-11.

Triadi, S., Rahayu, Y., & Kusnanto, D.

Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone. Jurnal Manajemen, Vol 13, No. 2, pp.

-263.

Utama, S. P., & Rochman, F. 2014.

Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Sikap dan Minat Pembelian Film Bajakan (Studi pada Masyarakat Kota Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 11, No.4, pp.

-647.

Yulindo, K. P. 2013. Pengaruh Atribut- atribut Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang.

Jurnal Manajemen, Vol 2, No. 1.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles