PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMPETENSI, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM

Authors

  • Tjokorde Gede Agung Paruseva Pemayun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Karakteristik Individu, Kompetensi, Komunikasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Permasalahan kinerja pegawai diketahui pada indikator kuantitas kerja, di mana terjadi penurunan kinerja pegawai berdasarkan data capaian hasil realisasi anggaran Tahun 2020. Pegawai merasakan minat (interest) mereka kurang mampu mendukung pekerjaan yang dilakukan. Pegawai dirasa kurang terampil dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat desa. Permasalahan yang berkaitan dengan komunikasi diketahui bahwa kurangnya kejelasan informasi mengenai perkerjaan yang diberikan oleh pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu, kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem.

Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 51 pegawai pada Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25.

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan Karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Sidemen Kabupaten Karangasem.

References

Adham, M. 2020. Pengaruh Komunikasi Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pada PT Pelayaran Eka Ivana Jasa Cabang Samarinda. Jurnal Maritim, 10(1), 1-11.

Arianto, N. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA. Jurnal

Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol.3, No.2, April Tahun 2016 Halaman 2-16.

Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antar

Pribadi. Jakarta: Predana Media Group.

Cori, C., & Aji, G. B. 2019. Pengaruh Komunikasi Internal dan Etika Kerja Terhadap Kinerja Karyawan yang Dimoderasi Disiplin Kerja Pada PT. Hyper Mega Shipping Jakarta. Jurnal Transaksi, 11(2), 24-35.

Darmadi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan “Melejitkan Produktivitas kerja kepala sekolah dan faktor-faktor yang

mempengaruhi”. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Daud, K. A. R., Sendow, G. M., & Saerang, R. T. 2021. Pengaruh Karakteristik Individu, Kepribadian, Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Unit Dok Dan Galangan, Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.9 No.2 April 2021, Hal. 724- 735.

Dharma, Surya. 2018. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhermawan, A. A. N. B., Sudibya, I. G. A., & Utama, I. W. M. 2017.

Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2), 173-184.

Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenberg, J. dan Baron, A. Robert. 2018. Behavior in Organizations. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hajiali, I., Suriyanti, S., & Putra, A. H. P.

K. 2021. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Makassar. Tata Kelola, 8(1), 92-104.

Hamsy. 2016. Gaya Kepemimpinan Demokratik, Karakteristik Individu, Remunerasi, Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Anggota Polisi Republik Indonesia (Studi Pada Anggota Polisi Resort Kota Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3, No.3, 2015: 240-

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. 2018. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan penerapan untuk HR dan organisasi yang dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irawan, Andy. 2012. Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviors dengan Kepuasan Kerja sebagai Mediator Pada Event Organizer di Surabaya. Skripsi. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Iskandar. 2017. Pengaruh Karakteristik Individu, Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Inpektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Katalogi, Vol 5 N.1 Januari 2017.

Kurniawan, Riga Putra. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi, dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. Sardjito di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma.

Kusumasari, R. D. I., & Lukiastuti, F. 2020. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pencarian Dan Pertolongan Semarang. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 54-65.

Lori DiPrete, Lynne Miller Franco, Nadwa Rafeh dan Theresa Hatzell. 2020. Quality Assurance Methodology Refinement Series: Quality

Assurance of Health Care in Developing Countries. Journal Quality

Assurance Project at USA.

Mahayanti, I. G. A. K., & Sriathi, A. A. A. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Dan Karakteristik Situasi Kerja

erhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 4, 2017:2253-

Page 1-27. ISSN2302-8912.

Mahennoko, Anandhika Angga. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Progam Sarjana Fakultas EkonomiUniversitas Diponegoro.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manurung, E. J., & Prana, R. R. 2020. Pengaruh Kepemipinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Amtek Engineering Batam. Civitas: Jurnal Studi Manajemen, Vol. 2, No. 1, p. 7-13.

Marwansyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Alfabeta, Bandung.

Martoyo, Susilo. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Maulana, A. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Primer Koperasi Kartika Artileri Berdaya Guna Sepanjang Masa Pusat Kesenjataan Artileri Medan Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol X1 No 2, pp. 83- 96.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mutmainah, Romandhon Kurniawati. 2016. Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi, Kepercayaan terhadap Sistem Informasi Akuntansi, kemampuan Teknis Pemakai Sistem Informasi Akuntansi dan Kenyamanan Fisik terhadap Kinerja Individu. Jurnal Fakultas Ekonomi.Universitas Sains Al- Qur’an, Volume 11, Nomor 2, Juli 2016. ISSN (Online): 1907-426X.

Nawawi, Hadari. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gadjah MadaYogyakarta.

Nugraha, I. K. D., Sapta, I. K. S., & Sudja,

I. N. 2020. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Mambal Kabupaten Badung. VALUES, 1(4), 23-31.

Oktariansyah, O. 2020. Pengaruh Karakteristik Individual dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Transmigrasi Kabupaten Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2), 164-178.

Panggabean. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Bogor.

Prasetyo. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku Panduan Mahasiswa, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Pratiwi, Anissa., Sutopo., &Istanti, Enny. 2016. Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Hero Supermarket Tbk cabang Giant Waru Sidoarjo. Jurnal Branchmarck, 1-10.

Rahman, F., Rahmawati, E., & Utomo, S. 2020. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kontrak (Studi Pada FISIP ULM Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(1), 69-82.

Ramandei, P. 2016. Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah. Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro Semarang.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Rusman. 2016. Model –Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, R., Agustino, M. R., & Zulkurniawati, Z. 2021. Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di Boom Futsal Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(2), 290-301.

Sarumaha, D. 2020. Pengaruh Komunikasi Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Osi Electronics. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 4(2), 395-405.

Suban, G. S., Tewal, B., & Dotulong, L.

O. 2020. Pengaruh Karakteristik Individu, Kompetensi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tropica Cocoprima Lelema. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).

Subyantoro. 2017. Linguistik Forensik: Sebuah Pengantar. Semarang: Farishma Indonesia.

Sudarmanto. 2018. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group, Jakarta.

Syamsudin, Acep., Hilman Firmansyah. 2016. Organisasi dan Manajemen Bisnis. Ombak, Yogyakarta.

Tampubolon Saur. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Tannady, Hendy. 2017. Menejemen Sumber Daya Manusia. Expert.Yogyakarta

Titik Rosita. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 1, 1 – 20.

Tohardi Ahmad. 2016. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Mandar Maju, Bandung.

Umam, Khaerul S. M. 2016. Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2015. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Veryca, V. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja

Karyawan di PT Perkasa Beton Batam. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, Vol 01. No. 02, pp. 371-384.

Wardani Rodiathul Kusuma, dkk. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Karya

Indah Buana Surabaya). Jurnal administrasi Bisnis. Vol 31. No 1.

Wibowo. 2016. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles