PENGARUH KOMUNIKASI, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Dewa Ayu Putu Sri Oktaviani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tjok Istri Sri Harwathy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Komunikasi, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Kinerja pegawai merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh sebuah organisasi. Karena dengan kinerja pegawai yang baik maka tujuan organisasi dapat tercapai dengan optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada pada Dishub adalah kecenderungan keterlambatan pegawai, dilihat dari persentase rata-rata keterlambatan pegawai. Rendahnya komunikasi, karakteristik individu, dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, karakteristik individu, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 75 orang pegawai sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi berpengaruh, Karakteristik individu, dan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar sehingga semakin baik komunikasi, karakteristik indivudu dan lingkungan kerja dalam organisasi maka semakin meningkat kinerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ahyari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Kerja. Bandung : Pionir Jaya.

Aini. N.C.N. (2017). Pengaruh Komunikasi, Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Supranusa Indogita Tbk. Sidoarjo. E-Journal Manajemen" Branchmarck", 3(3).

Akbar. D. M. (2020). Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan (studi pada kud karangploso kabupaten malang). Jiagabi, 7(3), 97-101.

As’ad, M. 2003. Psikologi Industri Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Yogyakarta : Libert.

Budianto A.A.T., & Katini, A. (2017). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi wilayah I Jakarta. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1).

Efendy. 2015. Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditia Bakti.

Fajar Marhaeni.2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta : Graha ilmu.

Flippo, Edwin B. (2005). Manajemen Porsonalia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9).Cetakan ke IX. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gorda, I Gusti Ngurah. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali bekerjasama dengan STIE Satya Dharma Singaraja.

Hajati D. I., Artiningsih D. W., & Wahyuni, N. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Politeknik Kotabaru). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 7(1), 1-10.

Handayati. R. (2016). Pengaruh Karakteristik Individu terhadap Kinerja Karyawan di Bank Jatim Cabang Lamongan (Suatu Studi pada Bank Jatim Cabang Lamongan). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 1(2), 14.

Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Hariyanti. f. (2021). Pengaruh karakteristik individu dan komunikasi internal terhadap kinerja karyawan. Jurnal entrepreneur dan manajemen sains, 2(1), 69-73.

Hasibun P.S, Malayu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Ivancevich, J. M. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga : Jakarta.

Kasmir, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: Edisi 1, Cetakan 3, Rajawali Pers.

Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Laura, Magdalena., 2014, “Analisis Hubungan Antara Karakteristik Individu Dengan Pengembangan Karir Pegawai Pada Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat”, Jurnal Administrasi Negara, Fisipol, Untag 1945, Samarinda.

Locke, E.A (1978). “The Ubiquity of The Technique of Goal Setting in Theories of and Approaches to Employee Motivation”, Academy of Management Review, July, 594-601.

Mangkunegara A. A, Anwar Prabu (2007). Manajemen Sumber Daya Munuais Perusahan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiana, 2005, Manajemen Produksi, Penerbit Badan Penerbit IPWI, Jakarta.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Michael Amstrong, 2001. Seri Pedoman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nisakurohma, A. H., & Suharyono, B. S. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Tigaraksa Satria Tbk Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(3), 109-115.

Nitisemito. Alex S. 2010. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Ed. 3. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurfadilah, N., & Robiansyah, R. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Asta Rekayasa Unggul. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 5(3).

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Prasetyo, Dimas. 2008. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik organisasi, dan karakteristik Pekerjaan Terhadap kinerja Karyawan pada PT. Polysindo Eka Perkasa di Kaliwungu, Kendal. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol.3, No.1. Hal. 5-40.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman Abdul 2013. Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala : Jurnal E-Jurnal Katalogis. Vol. 1 No.2 hal. 76.

Ramandei, P. 2009. “Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah”. Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Rialmi, Z., & Morsen, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 221-227.

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti, 2009. Sumber Daya Manusia dan Priduktivitas Kerja. Bandung CV. Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyantoro Arief (2009). " Karakteristik Individu, Karakteristik Perkerjaan, Karakteristik Organisasi dan Kepuasan Kerja Pengurus yang Dimediasi oleh Motivasi Kerja (Studi pada pengurus KUD di kabupaten Sleman)". Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Vol.11,No. 1, hal 11-19.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna V. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunarsi D., Wijoyo, H., Prasada, D., & Andi, D. (2020, September). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. Mentari persada di jakarta. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi (Vol. 5, No. 1, pp. 117-123).

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group, Jakarta.

Suwanto & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Terry, George.2006. Prinsip – prinsip Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Veronica Aprillia D.S. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indomulti Plasindo Di Kota Semarang. Eprints. dinus. ac. ad.

Widnyani. 2015. Knowledge Management dalam Perspektif Tri kaya Parisuda serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Pengurus Koperasi. Jurnal Vol 5, No. 2 September Universitas Mahasaraswati.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles