PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERESEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA MARKETPLACE LAZADA DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Maria Asriana Sinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Minat Beli Ulang

Abstract

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat, kini menjadi ladang bagi para pembisnis untuk memperluas cara penjualannya ke rana online. Saat sekarang ini banyak pembisnis mulai dari perusahaan besar hingga ritel yang mulai menggembang usahanya kedalam bisnis online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, peresepsi harga, dan promosi terhadapminat beli ulang pada Marketplace Lazada. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna Lazada di kota Denpasar yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penentuan jumlah sampel untuk jenis non probality sampling (jumlah indikator) x (5 sampai 10 kali) berdasarkan pedoman tersebut maka jumlaj sampel maksimal untuk penelitian ini adalah: sampel jumlah indikator  x 5= 5x10=75 responden. Dengan demikian maka jumlaj sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan kualitas produk, peresepsi harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada Marketplace Lazada di kota Denpasar. Hal ini berarti semakin baik promosi maka akan meningkatkan minat beli ulang pada Marketplace Lazada di kota Denpasar.

References

Ali Hasan. 2012. Marketing. Jakarta : PT buku kita

Anderson, E. W, fornell, C and lehmann,D.R.1996.“Customer Satisfaction, Market Profitability: Finding Share and From Sweden, “ Journal Of Marketing”. Vol.58 Juli, p53-66

Anwar, R. N. (2021). pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang produk scarlet di e- commerce shoppi. e-ISSN: 2550-0813 | p-ISSN: 2541- 657X | Vol 8 No 5 Tahun 2021 Hal. : 1370-1379.

Apriliani, R. (2019). analisis pengaruh brand image, harga, kualitas produk, dan daya tarik promosi terhadap minat beli ulang konsumen batik pekalongan (studi pada pasar grosir setono batik pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering Vol. 1, No. 1, Oktober 2019.

Ari Setityaningrum, Jusuf Udaya, dan Effendi, 2015. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: penerbit Andi

Assael, H 2012 Consumer Behavior and Marketing Action. Fifth Edition. Cincinnati. South Westrn Collage Publishing. Ohio.

Assauri,s., 2015. Manajemen pemasaran, Jakarta, PT Raja grafindopersada Cardia, D. I. (2019). pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6762- 6781 ISSN : 2302-8912 DOI:.

Cronin, J., Joseph, Jr.,Steven A., & Taylor. (1992). Measuring service quality : a reexamination and extention. Journal of marketing, 56(3), 55-68.

Daga, rosnaini. 2017. Citra, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan.Makasar:global research and consulting institute

Darma, y. (2019). pengaruh peresepsi harga, kualitas produk, dan kepuasan. Masuk : 06-12- 2019 , revisi : 21-12-2019 diterima untuk diterbitkan : 23-12-2019, 6.

Euprasia Anita Mbuka ,2021. pengaruh brand equality, peresepsi harga dan kualitas produk terhadap minat beli sepeda motor Yamaha di Kota Denpasar.

Fandiy, Tijiptono. 2016. Service, Quality & Statisfaction. Yogyakarta.Andi.2014. pemasaran jasa ( pinsip, penerapan,penelitian. Yogyakarta. Andi.

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manjemen Semarang. : Badan Penerbitan Universitas di Ponegoro.

Garivn, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, strategi pemasaran. Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang : UNDIP

Irawan, M. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya.Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri ISSN (Online) 2581- 2157 Volume 05 Nomor 2 Tahun 2020 ISSN (Print) 2502-9304Te.

Izdihar, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Iphone Pada Mahasiswa Generazi Z. P- ISSN 2615- 6849 , E-ISSN 2622-3686Jurnal Semarak,Vol. 5,No.2, JUNI 2022.

Kotler, amstrong 2016. Princples of marketing sixteenth edition global edition

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip marketing edisi ketuju. Penerbit salemba empat. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin lane Keller. (2016).Manajemen pemasaran edisi 12 jilid 1 & 2.jakarta: PT. Indek.

Lestar, M. R. (2019). pengaruh perespsi harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian ulang konsumen keretaapi kelas eksekutif argo parayangan. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia.

Masoom, Khwaja. (2014). The entrepreneur’s dictionary of business and financial terms. Singapore: partridge publishing, 105.

Mawarsari, i. (2018). pengaruh kualitas produk, harga dan promos iterhadap minat beli ulang konsumen olahan buah carca "studi pada toko oleh- oleh ynasa food". 38.

Purnamawat, N. L. (2020). pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan peresepsi.11.

Ramdhani, D. (2022). 2205 pengaruh kualitas produk perespsi harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang Smartphone Oppo. jurnal ilimiah akutansi dan keuangan vol 4 spesial ISSUE 3 2022P-ISSN 2622- 2191, E-ISSN 2622-2205

Resa Nurlaela Anwar1, F. A. (2021). pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang produk scarlett di e-commerc shoppee. e-ISSN: 2550-0813 p-ISSN: 2550-0813 p-ISSN:2541- 657X Vol 8 No 5 Tahun 2021 Hal. : 1370-1379. retno dewi wijiastuti, n. c. (2021). pengaruh peresepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood dikota sorong. 8.

Safitri, A. N. (n.d.). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. E-BISMA,1(1),1910.37631/e- bisma.v1i1.212P-ISSN 2774- 8790 | E-ISSN 2774-8804.

Santi, E. R. (2018). pengaruh kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan promosi online terhadap minat beli ulang (studi kasusu pada sate taichan banjar d'licious. Sains Manajemen dan Kewirausahaan Hal. 47- 56 JSMK Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan(JSMK), Vol,1. Maret 2018 Vol.4. No.1. Maret 2022.

Savitri, I. A. (2018). pengaruh citra merek, kualitas produk dan peresepsi harga E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018: 5748-5782, 35.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet

Suparwo, A. (2021). pengaruh kualitas produk, kualitas informasi dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli online di Lazada. Volume 1, nomor 4 oktober 2021

Wijiastuti1, r. D. (2021). pengaruh peresepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood di kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, Volume 4, No 1, Juni 2021ISSN 2776-1355 (Online) Received : June, 15, 2021 https://ojs.stiemkalianda.ac.id Revised : June, 22, 2021Available online : June, 23, 2021.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles