PENGARUH PROMOSI, SUASANA CAFE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HANGOUT ACOUSTIC CAFE GIANYAR

Authors

  • Ni Putu Indah Sri Antari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Promosi, Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pada era globalisasi yang semakin maju, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Perusahaan harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan pelangganya, sehingga dapat memunculkan rasa kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, suasana cafe dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Hangout Acoustic Cafe Gianyar. Populasi penelitian adalah konsumen yang telah melakukan pembelian di Hangout Acoustic Cafe Gianyar dengan jumlah populasi tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden berdasarkan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, suasana cafe dan kualitas pelayanan bepengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan Hangout Acoustic Cafe Gianyar.

References

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: BPFE- Universitas Diponegoro

Handoko, B. 2017. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kristiana, M. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

Lestari, A. A., dan Aprileny, I. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Konsumen pada Kedai Camp Survivor, Bogor), 1-15.

Maimunah, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Iqtishad Equity, 1(2).

Nugroho, W. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Angop Coffe Shop) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta).

Pratiwi, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi, Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Putranusa, D. G. 2019. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Siagian, H. E., dan Erlita, M. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strore Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bravo Resto. Syntax, 2(5).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta, CV.

Sustiyatik, E. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 10(2), 175-184.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran (EDISI Empa). Andi Offset.

Wijaya, O. S. 2020. Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Resto Ayam Penyet Cabe Hijau Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles