PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ATAS PEMASANGAN MESIN CCM NIPPON PAINT DI UD ADI JAYA DENPASAR

Authors

  • Ni Komang Emi Tri Widanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasaan Pelanggan

Abstract

Dalam setiap bangunan yang dibuat atau di service pasti membutuhkan cat, berbicara mengenai cat tidak lepas dari selera konsumen mengenai warna maka dari itu Ud Adi Jaya menawarkan tekhnologi berbasis komputer untuk menghasilkan warna cat lebih dari 10.000 warna.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasaan pelanggan atas pemasangan mesin CCM di Ud Adi Jaya Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan jumlah sampel 70 responden dengan pengumpulan data melalui kuisoner. Analisis data di dalam penelitian ini menggunakan uji instrument, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, korelasi berganda, uji kelayakan model.

Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan di UD Adi Jaya Denpasar.

References

Achmadi, Umar Fahmi. 2013. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Arianto, N. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1).

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty.

Fandy Tjiptono. 2002. Manajemen Jasa, Penerbit: Andi Yogyakarta. Majalah Info Bisnis, Edisi maret-Tahun keVI-2002.

Faradina, A., & Satrio, B. 2016. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).

Firatmadi, A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80-105.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, R. Y. L., & Mardika, N. H. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasaan Pelanggan Di Holland Bakery Batam. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1.

Hamdani, N. A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 090-096.

Jasfar. 2012. 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Salemba Empat: Jakarta.

Kencana, N., Akbar, M. J., & Canaldhy, R. S. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Palembang). Jurnal Pemerintahan dan Politik, 2(1).

Kotler K. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.

Leonardo, B. R., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Di Marketplace Shoppe Pada saat Pandemi COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNSRAT). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1721-1730.

Nasution, J. R. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada (Studi Kasus Mahasiswa FEBI Angkatan 2014 UIN Sumatera Utara). Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Oliver, R.L. 1980. A cognitive model of the antecedence and consequences of satisfaction decisions. Journal of Marketing Research, Vol. 17, September, pp. 46-9.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Raymond, R. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Nesia Jaya Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 263-269.

Rezeki, S., & Rinaldi, M. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eka Prasetya). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya: Penelitian Ilmu Manajemen, 6(2), 9-20.

Santriani, S. 2019. Pengaruh Budaya, Harga dan Strategi Promosi terhadap Purchase Intention Segmen Remaja pada Produk Kain Sutera di Kota Makassar. Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surianto, K. N., & Istriani, E. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta.

Tandiono, A., & Raymond, R. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada PT Panca Daya Sukses. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).

Tjiptono, Fandy, 2011. Pemasaran Jasa. Anggota IKAPI, Jatim: Banyumedia.

Tjiptono, Fandy. 2012. Stategi Pemasaran. Jakarta: Edisi Kedua Penerbit Andi.

Wati, Ni Komang Dian Andarista., Mitariani, Ni Wayan Eka., Imbayani, I Gusti Ayu. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada MM Juice Restaurant Cabang Teuku Umar. Jurnal Unmas,1 ,222-233.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles