PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI DEALER PT. ASTRA MOTOR UBUD
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i10.12745Keywords:
persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, kepuasaan pelangganAbstract
Transportasi adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam keseharian masyarakat untuk berpergian. Salah satu transportasi yang mudah digunakan adalah sepeda motor. Hal ini membuat melonjaknya kebutuhan sepeda motor sehingga memerlukan banyak tempat service untuk memunuhi kebutuhan service motor masyarakat. Salah satu dealer yang ramai di kunjungi adalah PT. Astra Motor Ubud. PT. Astra Motor Ubud melayani service sepeda motor masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Ubud atau melewati Ubud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhahap kepuasaan pelanggan di PT. Astra Motor Ubud. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen service yang berjumlah 98 orang. Pemilihan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian adalah persepsi harga, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasaan Pelanggan di PT. Astra Motor Ubud.
References
Alma, H. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. EMAS, 3(3), 217-230.
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Cynthia, V., & Arifiansyah, R. (2023). Pengaruh brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 712-721.
Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 181-190.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1977). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesley.
Hermawan, Y., Maylani, D., & Mulyana, M. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan produk smartphone Samsung di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 641-652.
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kantor indihome gegerkalong di kota bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 413-423.
Kasmir. (2017). Customer service excellent. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kencanawati, M. S., Anggraini, R., Tesniwati, R., & Putranto, M. R. (2023). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Insight Management Journal, 4(1), 6-12.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 7). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (16th global ed.). England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran (Edisi 12, Jilid 2). Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Malau, H. (2017). Manajemen pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Niken, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).
Nurul, A., & Mulyowahyudi, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, distribusi, dan citra merek pada kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan Quelle di Kota Cilegon. *PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2*(1), 1-15.
Nursaidah, M., Bastian, A. F., & Sukaesih, I. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus Kopi Janji Jiwa Jilid 35 Kota Tangerang). Ekonomi Bisnis, 28(01), 149-162.
Santosa, D. G. W., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab di Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(1), 290-302.
Sianipar, G. J. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online (Studi pada pelanggan Grabbike di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 183-196.
Syahwi, M., & Pantawis, S. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, citra perusahaan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150-163.
Wahyono, A., & Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan digital, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Shopeefood. Jurnal Manajemen, 6(1), 21-33.
Wasito, R. P., & Laily, A. (2023). Analisis pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan jasa service bengkel motor Leni di Tanjung Balai. Jurnal Manajemen Riset dan Teknologi.
Wasito, R. P., Milwarni, Anwar, & Laily, A. (2023). Analisis pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan jasa service bengkel motor Leni di Tanjung Balai Karimun. Jurnal Manajemen Riset dan Teknologi.
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168-177.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


