PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GARUDA INDONESIA CABANG BALI

Authors

  • Kadek Ayu Mega Mahayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Garuda Indonesia Cabang Bali. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 34 karyawan pada PT. Garuda Indonesia Cabang Bali. Pengolahan data menggunakan teknik analisis Regresi Berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Garuda Indonesia Cabang Bali. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Garuda Indonesia Cabang Bali. Adanya keterbatasan objek penelitian yang digunakan hanya berfokus pada stres kerja dan lingkungan kerja sehingga tidak dapat menganalisis atau menjangkau lebih dalam faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

References

Anastasia, F., dan Ronnie, R. M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan,Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Apatel. I(4), 725–735.

Diputra, A. A. D. P., dan Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Destination Asia Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 1026.

Hardiani, Muhiddin, M. I. N., Sutrisno Harianty, dan Pandik, A. (2017). Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pelindo IV (Persero) Unit Terminal Petikemas Makassar. Jurnal Lmiah Bongaya (Manajemen dan Akuntansi), Xxii, 49–56.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Bumi Aksara.

Kreitner, dan Kinicki. (2017). Perilaku Organisasi (Orgaizational Behavior). Salemba Empat.

Kusumastuti, I., ita Kurniawati, N., Loka Satria, D., dan Wicaksono, D. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada Sp Alumunium Di Yogyakarta. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(1), 43–53.

Lantara, D., dan Nusran, M. (2019). Dunia Industri: Prespektif Tenaga Kerja. Nas Media Pustaka.

Lengkong, C. M., Areros, W. A., dan Sambul, S. (2020). Stres Kerja dan Self-Efficacy terhadap Kinerja Karyawan pada PT . Manado Karya Anugrah. Productivity, 1(3), 208–214.

Mahrizal, D. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Multi Kadera Sejati, Jetis Mojokerto. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 8(3), 28–32.

Mangkuprawira. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Ghalia (ed.)).

Mauli, S. (2017). Analisis Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Kantor Pemerintahan Kecamatan Lubuk Baja Batam. AKBAR JUARA, 3(2).

Nitisemito, A. S. (2018). Manajemen Personalia (Edisi Keti). Ghalia Indonesia.

Robbins, P. S., dan Judge, T. A. (2017). Organizational Behaviour (edisi 13 j). Salemba Empat.

Sandi, Q., Syukri, A., dan Anwar US, K. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(2), 63–84.

Saputra, I. M. A., dan Wibawa, I. M. A. (2018). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu unsur terpenting bagi suatu perusahan. Kinerja individu merupakan kunci kesuksesan bagi organisasi , sehingga peran SDM sangat penting demi k. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(6), 3201–3229.

Saraswati, N. P. A. S., Widyani, A. A. D., & Rani, A. S. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan di Mediasi oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Support Bali di Kabupaten Badung. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(3), 217-230.

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV.Mandar Maju.

Siregar, W. H. (2020). Pengaruh human relation, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten mandailing natal. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Kebijakan Publik, 2(2), 207–218.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. ALFABETA.

Wartono, T. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Majalah Mother And Baby). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2), 56–61.

Wirya, K. S. (2020). Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT. BPR Sedana Murni. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 50–60.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles