PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN JOUMPA PT. GAPURA ANGKASA

Authors

  • I Dewa Gede Palguna Widya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting dalam suatu organisasi baik organisasi dalam skala besar maupun kecil, karena merupakan sumber yang menggerakkan dan mengarahkan organisasi serta mempertahankan dan mengembangkan organisasi dalam berbagai tuntutan masyarakatdan zaman. Peran sumber daya manusia dalam suatu perusahaan sangatlah penting, karena manusia bisa mengelola input yang diperoleh dari lingkungan serta mampu mengolah atau mentransformasikannya menjadi output yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kompetensi terhadap kinerja karyawan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Joumpa PT. Gapura Angkasa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja, motivasi dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan Joumpa PT. Gapura Angkasa

 

References

Heny Sidanti,(2015). ”Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja

Hanafi, B. D. (2017). Pengaruh Motivasi, dan Lingkungan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi pada PT BNI Lifeinsurance. Jurnal Pendidikan Ekonomi BIsnis, 5(1), 73–89.

Hasibuan, S. A. (2016). Pengaruh Kompetensi, Komitmen dan Pengembangan Karir terhadap Kineja Karyawan pada PT. Prudential Life Assurance Rantauprapat. Jurnal Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 3 No 2

Hasibuan, M. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta

Hasibuan, Malayu S.P.,2011. Manajemen: Dasar, Pengertian Dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta

Khaerani, I. dan Riski, M. S. 2021. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. SMART MULTIFINANCE Cabang Sangatta. MADANI ACCOUNTING AND MANAGEMENT JOURNAL, 7(2), 28-35.

Lestari, I., Sidabutar, L., Sirait, D. A., & Sitorus, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mutiara Mukti Farma (Bergerak Dalam Bidang Obat-Obatan). Jurnal Manajemen, 5(1), 21-26.

Lusti, L dan Siagian, H. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan PT. Borwita Citra Primata Surabaya. AGORA 5(1).

Moulana, F. , Sunuharyono, S. , B. & Utami, N. , H. ( 2017 ), Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Mediator Motivasi Kerja, Jurnal Adminitrasi Bisnis (JAB)|Vol.44 No.1 Maret 2017.

Mangkunegara, A. P. 2012. Evaluasi Kinerja SDM, cetakan keenam. Bandung: Refika Aditama.

Muntu, G. F. 2020. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 8, No. 1.

Pramana, D. (2019). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PETROKIMIA CABANG MEDAN. JOURNAL FOR BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP, 3(1).

Pratama, Y. F., & Wismar’ein, D. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 37-48.

Pattiasina, M. E. A. (2016). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Tabungan Negara, Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2), 1–6.

Putra dan Amar. 2015. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi dan Fungsi Komunikasi terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Bandung. Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainble Business Practice, Bandung, 20 juli 2017, ISSN-2252-3936.

Sastra, B. A., Zulfadil, Z., & Fitri, K. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Danamon Cabang Tuanku Tambusai Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Siregar, W. P., dkk. 2019. Pengaruh Kompetensi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pioneerindo Gourmet Internasional, TBK. Medan (Bergerak Di Bidang CFC). Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 1, pp. 1-8.

Santoso, S.P. (2015). Pengaruh lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variable interve-ning pada koperasi agrobisnis tarutama.

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, PT. Refika Aditama, Bandung

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-5 (Edisi Revisi). Bandung:Refika Aditama.

Sofyandi, dkk. 2012. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiharjo, R. J., dkk. (2018). Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Salemba. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 4(1), 128-137.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Edisi-Revisi, Cetakan 12. Bandung. Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung..

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta: Bandung. Sugiyono. 2015. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sujarwanto. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan” pada Bank BTN Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Susilowati, Nurma. 2019. Analisis Pengaruh Komopetensi, Kompensasi, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening PT. Bank Syariah Mandiri Kcp Kartasura. Diss. IAIN Salatiga.

Tarjo. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada RSUD H. Hanafie Muara Bungo). Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 7(1), 35–50.

Wardhana, I., & Sasono, A. D. (2015). Pengaruh Motivasi, Insentif, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Telkomsel Grapari Pemuda Surabaya. E-Jurnal Ilmu Manajemen Magistra, 1(2), 2442-4315.

Wijaya, T. (2015). Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama. Agora, 3(2), 37-45.

Wotulo, A. G., dkk. 2018. Pengaruh Pelatihan, Pengembangan Karir, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Sulutgo Pusat Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Wiryang, A. S., Koleangan, R., & Ogi, I. W. (2019). Pengaruh motivasi kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. Pln (persero) area manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Yudistira, D. S., & Susanti, F. (2019).Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Pesisir Selatan.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles