PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BENGKEL PAG DENPASAR

Authors

  • Ni Nyoman Putri Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Made Widiadnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sapta Rini Widyawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengetahuan, Keterampilan, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan sangatlah menentukan dalam pencapaian tujuan dari perusahaan, semakin baik kinerja karyawan maka tujuan perusahan akan tercapai dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, keterampilan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Bengkel PAG Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dalam perusahaan yang berjumlah 74 orang, dengan pengambilan sampel yang digunakan yaitu sebesar 74 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bengkel PAG Denpasar, keterampilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bengkel PAG Denpasar, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bengkel PAG Denpasar.

References

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2010. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Aprillia, Veronica, D.S. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indomulti Plasindo di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswanto Semarang.

Asep Sopyan N. 2016. Pengaruh Keterampilan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perajin Pada Kelompok Usaha Akar Wangi (Kepek, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.

Bagia, I Wayan. 2015. Perilaku Organisasi. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta

Budianto, A. Aji Tri dan Amelia Katini. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT Perusahaan Gas Negara (PERSERO) Tbk SBU Distributor Wilayah 1 Jakarta. Jurnal Ilmiah. Manajemen Universitas Pamulang Vol. 3, No 1, Oktober 2015.

Budiyono, Amirullah Haris. (2014). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, Oktaviani Shinta dan Prayekti. 2019. Pengaruh Pendidikan, Keterampilan, dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Pengerajin Pada Sentra Industri Perak di Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Vol. 3 No. 1, April 2019.

Fiqi, Moh. Amir. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Tiara Abadi Pamekasan. Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19.. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goldon. 2010. Metoda Research. (Jakarta: Gramedia Press, 2010). Hal. 255.

Halawa, Welius. 2019. Pengaruh Keterampilan dan Efektivitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Jefrindo Consultan Medan. Skripsi.

Irianto, Agus. 2011. Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana, 2011. Hal. 62.

Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Locke, E. A. 1968. Towad A Theory of Task Motivation and Incentives. American Institues of Research. No. 16, Hal: 3:157-89.

Mahennoko, A, A., 2011. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang.

Moeherino. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Penerbit: Ghalia Indonesia. Bogor.

Mudiartha, U.W. 2011. Buku Ajar Sumber Daya Manusia. Denpasar: UPT Universitas Udayana.

Muhibbin, Syah. 2013. Psikologi Belajar Edisi Revisi 13. Jakarta: Rajawali Pers.

Novalika. 2016. Pengetahuan, Kemampuan dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Nur’aeni dan Miftahulhidaya Sudirman. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Bandung Suniaraja. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan Syariah Al Ma’soem Jawa Barat.

Primadanti, Arsari. 2017. Pengaruh Pengetahun, Keterampilan, dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Mirambi Energi, Semarang). Skripsi.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori Praktik. Penerbit: PT. Raja Grafindo, Persada.

Rogers, C. 2016. Theories of Learning in Educational Psychology.

Sapitri, Ranty. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekan Baru. Jurnal Universitas Riau, Vol. 4, No.5.

Saragih, Saut Pin Tubipar dan Harisno. 2015. Influence of Knowledge Sharing and Information Technology Innovation on Employees Performance at Batamindo Industrial Park. Bina Nusantara University Jakarta.

Sari, Dwi Maya. 2016. Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepeuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Sedarmayanti. (2011). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suhartini, Yati. 2015. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Industri Kerajinan Kulit di Manding, Bantul, Yogyakarta). Skripsi.

Sunarsih, Denok, Hadion Wijoyo, dan Dede Andi. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mentari Persada di Jakarta. Skripsi. Universitas Pamulang, Banten.

Suprayitno dan Sukir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi-UI.

Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam, Pranada Media Group, Jakarta.

Tamara, Pingky Dwi Annisa. 2019. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Pengalaman Kerja Karyawan terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Tulungagung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Jawa Timur.

Terry, George R. (2016). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Vivian, Nur Eli, Eva Mufidah, dan Vita Fibriyani. 2020. Pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, dan Kemampuan SDM Terhadap Kinerja UMKM Mebel di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan, Jawa Timur.

Widiaswari, Roro Rukmini. 2011. Hubungan Antar Faktor Kemampuan Dengan Kinerja Pegawai Kecamatan Banjarbaru Kota. Jurnal. Ekonomi dan Bisnis. 1 (3) 18 – 29.

Widyaningsih. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Upah, dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan CV. Duta Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles