PENGARUH INSENTIF, BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA EDEN HOTEL KUTA BALI

Authors

  • Kadek Jeni Andini Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Pradiva Putra Salain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja karyawan, insentif, beban kerja, lingkungan kerja

Abstract

Kinerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan atau organisasi serta dari pihak karyawan itu sendiri. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang berhubungan  dengan lingkungan perusahaan atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh insentif, beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Eden Hotel Kuta Bali.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan Eden Hotel Kuta Bali pada tahun 2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 orang dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, heteroskedastisitas dan multikolinearitas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Eden Hotel Kuta Bali. Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Eden Hotel Kuta Bali. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Eden Hotel Kuta Bali.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Nusa Media.

Alfabet.

Astianto, A., & Suprihhadi, H. (2014). Pengaruh stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(7), 1-17.

Bachtiar, D. (2012). Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Management analysis journal, 1(1).

Dinahaji, H. S., & Permana, A. (2012). Pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 133-139.

Dinahaji, H. S., dan Permana, A. (2012). Pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 133-139.

Edison, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Handoko, H. (2012). Manajemen personalia dan sumber daya manusia.

Hariandja. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hasibuan, S. M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.Ilmu.Jakarta: Penebar Suadaya..

Koesomowidjojo. (2017). Panduan Praktis Menyusun Analisis Beban Kerja. Jakarta: Salemba Empat

Kurniawan, E. D. A. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Upah terhadap Kinerja Karyawan di PG Krebet Baru Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(1).

Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, L., Robert, dan Jackson, J. (2010). Human Resource Management.

Mazura, M. (2012). Rosmida,(2011) Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bengkalis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 19-27.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nafrizal, A. R., dan Idris, S. (2012). Pengaruh Insentif, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Personil POLRI pada Satuan Kerja Biro Operasi MAPOLDA Aceh.Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Syah Kuala.

Nawawi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nitisemito, A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Putra, A. S. (2012). Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Marketing dan Kredit PT. WOM Finance Cabang Depok. Jurnal studi manajemen indonesia, 12.

Putra, F. R. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Naraya Telematika Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Sarwoto. (2010). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti. (2011). Tata kerja dan produktivitas kerja. Bandung: Mandar Maju. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Simambela, L. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif,dan R&D. Bandung: PT

Sitepu, A. T. (2013). Beban kerja dan motivasi pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Wijaya, T. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha

Yuniawati, P. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk Manajemen Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Zaputri, A. R., Rahardjo, K., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh Insentif Material Dan Non Material Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Produksi Cetak PT. Temprina Media Grafika Di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 174-181.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles