PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA J4 HOTEL LEGIAN

Authors

  • I Made Rinaldinata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kompetensi, lingkungan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Kinerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kompetensi dan lingkungan kerja, seperti kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya dan kondisi lingkungan kerja yang kondusif yang akan mendukung dalam mencapai kinerja yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada J4 Hotel Legian. Penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, maka sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang berjumlah 57 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada J4 Hotel Legian dan (2) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada J4 Hotel Legian. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan atau menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

References

Abdullah, H. (2017). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Organisasi. Warta Dharmawangsa, (51).

Adyatma, I. W. C., & Nida, D. R. P. P. (2021). Analisis Pengaruh Pengalaman Terhadap Kompetensi Serta Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Ukm Di Kota Denpasar, Provinsi Bali. WICAKSANA: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 5(1), 6-18.

Apridani, A., Mantikei, B., & Syamsudin, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Kecamatan Tanah Siang. Journal of Environment and Management, 2(1), 82-88.

Arya, A. A., Dharmaya, C. G. A. P, & Dewi, D. P. A. A. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Jaya Kusuma Sarana. Jurnal Spektran, 6(1), 95-104.

Bagia, I. W., & Cipta, W. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Edison, Emron, Yohny Anwar., dan Imas Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: CV. Alfabeta.

Edy Sutrisno. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ke-9, Kencana,

Jakarta.

Fachrezi, H., & Khair, H. (2020). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 107-119.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Agora, 5(1).

Garatu, T. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Genius Digital Printing. Ekomen, 17(1), 26-33.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Semarang: Universitas Diponegoro.

Hajiali, I., Suriyanti, S., & Putra, A. H. P. K. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Makassar. Tata Kelola, 8(1), 92-104.

Hanaysha. J. (2016). Testing the Effects of Employee Engagement, Work Environment, and Organizational Learning on Organizational Commitment. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. 299. 289-297.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Julvia, Cristine. (2016). Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Ilmiah Manajemen Bisnis. 16(1).

Locke, E. A., & Latham, G. P. (1990). A Theory of Goal Setting and Task Performance.

Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Mahawira, B. K. R., & Asih, A. K. S. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Astagina Resort Villa And Spa Bali (Studi Pada Astagina Resort Villa And SPA Bali). Journal Research of Management (JARMA), 1(2), 43-50.

Mangkunegara. A.A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliantika, Tisna. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Nabawi, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170-183.

Rahmisyari. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia 5(1).

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika

Aditama.

Sudama, I. K., & Kusumawijaya, I. K. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lpk Monarch Dalung-Bali. Journal Research of Management (JARMA), 2(1), 79-89.

Suryawan, I. W. P., Suardhika, I. N., & Suarjana, I. W. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Peninsula Bay Resort, Tanjung Benoa. VALUES, 1(3), 106-117.

Yoga, I. N. Y. C., Suryani, N. N., & Adhika, I. N. R. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Made Bali Sempidi, Mengwi, Badung. EMAS, 2(4), 83-91.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles