PENGARUH STRES KERJA, PENGAWASAN, DAN MOTIVASI KERJATERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. NUSA KAHYANGAN ASRI KETEWEL GIANYAR

Authors

  • I Komang Trisna Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Pengawasan, Motivasi Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kegiatan pemberdayaan sumber daya manusia yang merupakan aset penting dalam suatu organisasi. Untuk pencapaian tujuan perusahaan dapat dicapai diperlukan upaya agar perusahaan mampu menciptakan situasi dan kondisi yang mendorong dan memungkinkan karyawan mencapai kinerjanya, bila karyawan dan atasan mempunyai kinerja yang baik, maka akan berdampak pada kinerja organisasi yang baik pula, akan tetapi adakalanya perencanaan kinerja oleh organisasi tidak berjalan efektif karena adanya suatu penyebab tertentu. Faktor yang menyebabkan hal tersebut karena adanya tekanan kerja dari atasan, lingkungan kerja yang tidak harmonis dan tenggang waktu penyelesaian tugas yang irrasional sehingga membuat karyawan mengalami stres. Masalah-masalah seperti ini membuat perencanaan kinerja menjadi tidak efektif, karena stres kerja dapat menurunkan kinerja dan semangat karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu maka Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Stres Kerja, Pengawasan, Dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja karyawan pada PT. Nusa Kahyangan Asri Ketewel Gianyar.

 Untuk memecahkan permasalahan tersebut dilakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. kepada 64 orang responden dengan Teknik sampel jenuh sehingga semua responden dapat dijadikan sebagai sampel. Metode penentuan sampel ini sejalan dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier bergada korelasi dan determinasi dengan uji f dan uji t.

Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa variabel stres kerja berpengaruh negatif  terhadap kinerja karyawan pada PT. Nusa Kahyangan Asri Ketewel Gianyar sehingga hipotesis dapat diterima, artinya semakin tinggi stres kerja maka kinerja juga semakin rendah. pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Nusa Kahyangan Asri Ketewel Gianyar,motivasikerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawanpada PT. Nusa Kahyangan Asri Ketewel Gianyar.

 

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles