PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, STRES KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. SATRIA TRANS JAYA DENPASAR

Authors

  • Ni Komang Ayu Sapitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Resa Adhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Perusahaan yang ingin mencapai suatu tujuan, maka harus memiliki karyawan yang mampu mengoptimalkan seluruh kinerja dari perusahaan tersebut. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor kecerdasan emosional, stres kerja dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, stres kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Satria Trans Jaya Denpasar. Penelitian ini di lakukan di PT. Satria Trans Jaya Denpasar, Jl. Raya Kuta,  No 69, Kuta, Badung. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi. Objek dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, stres kerja, motivasi kerja dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Satria Trans Jaya Denpasar yang berjumlah 300 orang. Sampel dalam penelitian ini di sesuaikan menjadi sebanyak 171 orang dari seluruh total karyawan PT. Satria Trans Jaya Denpasar, hal dilakukan untuk mempermudah dalam pengolahan data dan untuk hasil pengujian yang lebih baik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen atas instrument yang digunakan dalam kuesioner, uji asumsi klasik dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional, stres kerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Satria Trans Jaya Denpasar.

References

Abdullah, I. D. P.2018. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bama Berita Sarana Televisi (BBSTV Surabaya). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 82-94.

Afandi, P.2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep danIndikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ahmad, Y., Tewal, B., dan Taroreh, R. N.2019. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Fif Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Akmal, M. danSugiyanto. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap KinerjaKaryawan PT. Bank BCA KCU Kedoya Permai Jakarta Barat.HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings) Vol.02, No.2.

Amalia, N. M. R.2018. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 622-634.

Azizah, N.2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Stres Kerja Dan Dimoderasi Oleh Religiusitas Pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Teh (Doctoral dissertation).

Bangun, W. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta

Chusminah, S. M., dan Haryati, R. A.2019. Analisis Penilaian Kinerja Pegawai Pada Bagian Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan. Widya Cipta Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(1).

Dewi, C. N. C., Bagia, I. W., dan Susila, G. P. A. J.2018. Pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada bagian tenaga penjualan UD Surya Raditya Negara. BISMA: jurnal manajemen, 4(2), 154-161.

Dewi, A. S., dan Ramadhani, P. L.2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Billman Pada PT. PLN (Persero) Indarung Padang. Jurnal Pundi, 5(2).

Ekhsan, M., dan Septian, B.2021. Pengaruh Stres Kerja, Konflik Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 11-18.

Fitriani, R.2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Suatu Penelitian Terhadap Karyawan Non-Manager PT. Sinar Sosro Kantor Cabang Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SILIWANGI).

Ganyang, M. T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Realita. Bogor: In Media.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Goleman, D.2018. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gusti, P. N. F., Rawi, R. D. P., dan Sofia, S.2021. Pengaruh Human Relation Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Cabang Sorong. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(4), 456-463.

Hamali, A. Y.2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT BukuSeru

Hasibuan, M. S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah.Jakarta : Bumi Aksara.

Hasi, H. R., Effendy, S., dan Rambe, M. F.2020. Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 209-219.

Hutagaol, M.2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan Dimediasi Stres Kerja dan Dimoderasi Religiusitas (Doctoral dissertation).

Indraswari, T., Sari, S P., Dewi, K, S., Lestiyadi, A. P., dan Suryono, S. (2021).Pengarahan dan Motivasi Guna Persiapan Menghadapi Persaingan Dunia Kerja Pada Siswa SMK Bina Harapan Ciseeng.Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 3(1), 86-91.

Ilham, P. A dan Putra, I. G. S. 2022.Pengaruh Konflik Kerja, Stres Kerja Dan Kinerja KaryawanTerhadap Kinerja Karyawan Hotel Grandia Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 4, No. 4.

Kaswan.2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kumala, D.2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi terhadap kinerja Karyawan pada PT. RisconRealty: Kecerdasan Emosional dan Motivasi kinerja. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 1-13.

Lansart, T. A., Tewal, B., dan Dotulong, L. O.2019. Pengaruh kecerdasan emosional, dukungan organisasi dan keadilan organisasional terhadap kinerja pegawai di biro organisasi sekretariat daerah pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Lantara, I. W. A.2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Indonesia Tourism Development Corporation (Itdc). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 231-240.

Lantara, D., dan Nusran , M.2019. Dunia Industri Perspektif Psikologi Tenaga Kerja.Makassar: Nas Media Pustaka.

Lestari, N. M. D., Mendra, I. W., dan Harwathy, T. I. S.2021. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Guardian Gerai Ubud PT. Hero Supermarket. EMAS, 2(3).

Lilacita, I. G. A., Gama, A. W. S., dan Astiti, N. P. Y.2022. Pengaruh GayaKepemimpinan Demokratis, Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) PROVINSI BALI. VALUES, 3(1), 48-60.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives.Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Locke, E. A., dan Latham, G. P. 1990. A theory of goal setting & task performance. Prentice-Hall, Inc.

Lubis, I. S. L.2018. Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Janeta DKI Jaya Kota Medan. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 6(2), 1-55.

Lunenburg. Fred C. (2019). Goal-Setting Theory of Motivation.International Journal of Managent, Business, and Administration, vol 15, no 1.

Majid, A., Hakim, A. L., dan Assadam, E.2021. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 9-16.

Mangkunegara, A. A. A. P. 2017. Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Marsam dan Mu’ah 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional, Zifatama Publisher: Sidoarjo

Maslow, A. H.2017. Motivation and Personality (Achmad Fawaid dan Maufur:Penerjemah). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Massie, R. N., Areros, W. A., dan Rumawas, W. 2018. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pengelola IT Center Manado.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(002).

Nurhasanah, S., dan Sumardi, R.2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi dan Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan PT Agranet Multicitra Siberkom (Detikcom). Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2).

Nursavilla, F., dan Padmantyo, M. B. A. S. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Unit Spinning 2 PT. Dan Liris di Sukoharjo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Patmanegara, A., Subiyanto, D., dan Sari, P. P.2021. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Mediasi Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Swalayan Metro Kampus Yogyakarta. Widya Manajemen, 3(1), 70-85.

Permatasari, H. I., dan Prasetio, A. P.2018. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja pada PT Pikiran Rakyat Bandung. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 87-95.

Putra, I. M. E. M., Widnyani, A. A. D., dan Saraswati, N. P. A. S.2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Wiguna Alam Persada. EMAS, 3(2), 11-24.

Rauf, R., Dorawati, A., dan Hardianti, H.2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep. SEIKO: Journal of Management & Business, 2(2), 225-245.

Ramadhan, A.2019. Kecerdasan Emosional Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pusat Dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Rismawati, S. E., dan Mattalata, S. E.2018. Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Rivai, R. A.2019. Manajemen. Palembang: Penerbit Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Robbins, S. 2008. Perilaku Organisasi, Jilid I dan II, alih Bahasa: HadyanaPujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.

Robbins, S.P., dan Judge, T.A. (2017). Organizational Behavior 17th Edition. England Jersey : Pearson Education Inc.

Robiansyah, R., dan Sugiyono, S.2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT Puspa Agro. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(11).

Safitri, L. N., dan Astutik, M.2019. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Dengan Mediasi Stress Kerja. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 13-26.

Saputro, A. N., Wahyudi, A., dan Widajanti, E.2018. Pengaruh Konflik, Stres Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Duta Plast Di Sukoharjo. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(3).

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk MeningkatkanKompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Sholiha, M., Sunaryo, H., & Priyono, AA (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru Smp An-Nur Bululawang-Malang. Jurnal Warta Ekonomi , 6 (01).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alphabet.

Sulistiyani, M. (2020). Pengaruh Stres Kerja, Konflik Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Japfa Comfeed Indonesia Tbkwonoayu Sidoarjo.E-Journal Manajemen”Branchmarck”, 3(3).

Suryanto, S., dan Erlianti, G.2018. Kecerdasan Emosional Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka. WIPA: wahana Informasi Perpustakaan UAJY, 22.

Sutrisno. E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. CetakanKedua. Kencana Prenada Group. Jakarta.

Syafitri, A.2021. Pengaruh Stres Kerja, Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Palembang (Studi Kasus Pada Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Palembang) (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Syahtana Rizqi, D., dan Raudita Andra Nabila. 2022. Determinasi Kinerja Karyawan: Sumber Daya Manusia, Komitmen Dan Motivasi Kerja (Literatur Review MSDM). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 500-508.

Syukur, M. 2019. Pengaruh Budgetary Goal Characteristics, Komitmen Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Manajerial dengan Budaya Paternalistik sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Utomo, S.2019. Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang di Langsa. PARAMETER, 4(2).

Yanti, B., dan Afriani, H.2019. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan PT Wahana Wirawan Riau). Manajemen dan Kewirausahaan, 10(3), 48-59.

Yuliana, S., Supardi, S., dan Wulandari, M.2019. Analisis Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Penerbit Erlangga Cabang Yogyakarta. JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), 5(1), 1-17.

Zainal, V. R., Hadad, M. D., dan Ramly, M.2017. Kepemimpinan dan PerilakuOrganisasi Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles