Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Elektronik Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Di Lanakila Bali

Authors

  • Komang Ayu Tri Aristya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Digital Marketing, Kualitas Produk, Elektronik Word Of Mouth (E-Wom), Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap). Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian (research problem) tentang berfluktuasinya minat beli konsumen dari bulan Januari sampai bulan Desember tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh digital marketing, kualitas produk, elektronik word of mouth (e-wom) terhadap minat beli konsumen di Lanakila Bali. Populsi penelitian adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Lanakila Bali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisa informasi dalam studi ini ialah Uji instrumen, Uji regresi linier berganda, Uji F serta Uji t. Hasil penelitian menununjukkan bahwa digital marketing, kualitas produk, elektronik word of mouth (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Lanakila Bali. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain.

References

Ahdiany, F. D. (2021). Pengaruh E-WOM dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi. Vol 3.

Albi. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, Vol 3(1).

Ali, R. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran dengan Meningkatkan Volume Penjualan Spare Part Combine pada Ud. Diamond Indonesia Mandiri Implementation of Marketing Strategies With the, 1-3.

Alvinsa , D. R., & Devilia , S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. E-Proceeding of Management, Vol.9, No. 2.

Anggit , Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial). Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JM/article/view/660

Arasy , A., & Gatut, P. (2022). Digital Marketing Untuk UMKM. Surabaya : Narotama University Press.

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary, Vol 4(1).

Aspizain , C., & Agung, E. R. (2022). Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Tokopedia). Journal of Management, Vol. 15 No. 3, pp. 367-373.

Ayunita, & Musikita. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online ShopThyy Thyy) Di Kota Sorong. Jurnal BADATI Ilmu Sosial & Humaniora, Vol 4(1).

Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA, Vol 6(3).

Bona, A. S., & Sulistiono . (2020). Pengaruh Elektronik Word of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 8 No. 2.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Universitas Internasional Batam, Vol 1(1).

Cynthia , A., Altje , T., & Djurwati , S. (2019). Pengaruh Brand Image dan Elektronik Word of Mouth Terhadap MInat Beli Konsumen Oriflame di Manado. Jurnal EMBA, Vol. 7 No.1, pp. 130-133.

Damanik, S. W., & Purba, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Bedak Tabita Skincare. Journal of Economics and Business, Vol 4(2).

Damayanti. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, Vol 2(1).

Daniel, L., & Dharmayanti. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capita. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 12(1).

Deden , F. A. (2021). Pengaruh E-WOM dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi. Volume 3, pp. 32-36.

Ely, A. (2021). Penataan Produk.

Fadhli, & Pratiwi. (2021). Pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan emosional terhadap kepuasan konsumen poskopi zio jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2(2).

Fadjri, & Silitonga. (2019). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan di pizza marzano pondok indah mall 2. Jurnal EDUTURISMA, Vol 3.

Gede , W. S., & I , G. A. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9 No. 7, pp. 2597-2598.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gischa, S. (2023, Juni 23). Pengertian Fashion Menurut Ahli. Kompas.com.

Hanida , S., Safitri, C. S., Putri, N. H., Siti, D. R., & Dewi, K. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Tiktok pada Trend Home Decor Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk IKEA. Seminar Hasi Riset dan Pengabdian, pp. 320.

Hasan, I. Y. (2018). Pengaruh Promotion Mix Terhadap Minat Beli. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Hidayat, S., Bagas, M., & Harry, P. P. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido Kangen Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, Vol 1 No. 1, pp. 50-52.

Inneke , T., & Fanny , S. (2022). Pengaruh E-Wom dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying Produk Fashion di Shopee pada Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya . JEMMA , Vol 5 (1) .

Irawan, M. R. (2020). Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol 5(2).

Joesyiana. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol 4(1).

Kawalo, O. R., & dkk. (2022). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal EMBA, Vol 10(4).

Khotimah. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media , Word of Mouth Marketing Dan Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KpopConnection. Jurnal Ilmu Komunikas, Vol 10(1).

Kotler, & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas. Jakarta: Erlangga.

Krisna, A., & dkk. (2021). Riset Populer Pemasaran Jilid 1. Bandung: Media Sains Indonesia.

Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lesmana, & Ayu. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 2(3).

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial, Vol 1(2).

Lubiana . (2018). Digital marketing Concept. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Made , A. D., & Mirah, T. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 2, pp. 488.

Made, S., Ni , P. M., & Ni , M. J. (2022). Dampak Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Padaa UD Catur Putra di mengwi Badung. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), Vol. 4 No. 2, pp. 112-116.

Mahanggoro, T. P. (2018). Produktivitas Kerja Dengan Sinergisitas Kecerdasan (ESPQ). Cetakan Pertama Hal 116. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Marchelyno, S., Silvya , L. M., & Rotinsulu , J. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2 No 1.

Maryati, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Pormosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 1, pp. 543-545.

Mayroza , W., Fenisi , R., & Hidayatul, F. (2022). Analisis Content Marketing dan Elektronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tiktok. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol. 6 No. 2.

Mehyar, & dkk. (2020). The Impact Of Electronic Word Of Mouth On Consumers Purchasing Intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology.

Mohammad , R. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap MInat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol 05 No. 2.

Morissan. (2021). Metode Penelitian Survei. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Muchlisin , R. (2020, September). Pengertian Digital Marketing. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2020/09/digital-marketing.html?m=1

Ni , P. N. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli di Kota Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Nikmatus, S. (2022). Pengaruh Online Consumer Review Influencer Tiktok dan Label Halal Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2 No 2.

Nisa, N. K., & Sudarwanto, T. (2022). Dampak dari Digital Marketing dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli pada Penggunaan Aplikasi E-commerce Shoppe Studi pada Masyarakat Desa Margomulyo, Kecamatan Margumolyo, Kabupaten Bojonegoro. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 11(8).

Nugroho, A., & Prihartini, B. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol 3(3).

Nur , F., Puji , I., & Dini , Y. (2003). Pengaruh Konten Digital Marketing dan Electrinic Word Of Mounth Terhadap Minat Beli di Tiktok Shop pada Mahasiswa Program Studi di Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), Vol.7.

Nur, H., & Widwi , H. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap MInat Beli Konsumen di Perkebunan Sayuran Andritani Farm Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akutansi), Vol. 5 No. 3, 718-720.

Nurul , A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Mayarakat di Bekasi). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. 3 No 2.

Nurul , A. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat di Bekasi).

Oliefia , R. K., Rudy, S. W., & Mirah , H. R. (2022). Pengaruh Elektronik Word of Mouth, Harga, dan Kualitas Porduk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Etsuko Kitchen Manado). Jurnal EMBA, Vol. 10 No. 4, pp. 1340-1343.

Penny, A. Z., & Arti , S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akutansi), 6 No 3 .

Prakoso, & Dwiyanto. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen Rown Division Di Kota Solo. Diponegoro Journal Of Management, Vol 10(4).

Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pelanggan Kopi Janji Jiwa Ungaran). Undergraduate thesis.

Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing.

Rafika, N. A., & Sulistyowati, S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen .

Rahima. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab Terhadap Minat Beli Konsumen.

Rahmawati. (2022). Pengaruh Dimensi Elektronik Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee dalam Persepektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis.

Randi , S. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli. JOM Fisip, P 1-19.

Reiza , D. A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Consumer Trust Pada Online Shop Fashion Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Generasi Milenial Di Dki Jakarta). Media Studi Ekonomi, Vol 24 (1).

Risqy, T., & Ni , L. T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen di Kedai Nau Kecamatan Seririt. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, Volume 5, pp. 32-34.

Romadlon, & dkk. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli (Studi Pada Akun Instagram Kawaii Coklat). Proceeding SENDIU, 701–707.

Rumijati, A. (2020). Kemandirian Ekonomi dan Bisnis Indonesia Menghadapi Era Revolusi 4. Malang: Universitas Muhammadiah Malang (UMM Press).

Saputra, H., & dkk. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido Kangen Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, Vol 1(1).

Septyadi, & dkk. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol 3(1).

Sinaga, B. A., & Sulistiono. (2020). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 8(2).

Siswanto, & Maskan. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Pada Preksu di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 6(1).

Siti, K., & Evawani, L. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10 No.1, pp. 39-50.

Soraya, & Marlena. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan Di Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), Vol 5(3).

Sri , M., & Wan , D. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelaynanan Terhadap Keputusan Konsumen Pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, pp 1-64.

Sri, D. W., & Rakhmawati, P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Bedak Tabista Skincare. Journal of Economics and Business, pp. 336.

Sudiro, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Amdk Amidis Di Semarang. Serat Acitya-Jurnal Ilmiah Untag Semarang, Vol 7(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Tsaniya, R., & Telagawathi, N. L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Baik Secara Simultan dan Persial Terhadap Minat Beli Konsumen di Kedapi Kopi Nau Kecampatan Seririt. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Vol 5(1).

Valentino, & dkk. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Ayam Rocket Chicken Di Lamongan). E-Jurnal Riset Manajemen, Vol 10(17).

Werry. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Aplikasi Jual Beli Online dan Sosial Media. Skripsi.

Wicaksono, I. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, Vol 18(1).

Wiguna, & dkk. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, Vol 2(2).

Wijayanti, & Almaidah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang D'Fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi, 225-238.

Wijoyo, H., & dkk. (2020). Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Zhang, Q. L. et al. (2010). Model AVSWATI apropos of simulating non-point source pollution in Taihu lake basin . Journal of Hazardous Materials , P 824-830.

Downloads

Published

2024-10-15

Issue

Section

Articles