PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PRODUK SANDAL NANAS ID DI DENPASAR
Keywords:
Repurchase Intention, Inovasi Produk, Digital Marketing, Brand ImageAbstract
Repurchase intention menurut Ali Hasan (2018) merupakan minat pembelian yang didasarkan atas pengalaman pembelian yang telah dilakukan di masa lalu. Repurchase intention yang tinggi mencerminkan tingkat kepuasan yang tinggi dari konsumen. Berdasarkan definisi yang telah dipaparkan di atas penulis sampai pada pemahaman bahwa minat beli ulang merupakan kemungkinan konsumen memiliki keinginan untuk melakukan pembelian kembali atas produk atau jasa yang telah dikonsumsi berdasarkan pengalaman masa lalu, minat beli yang tinggi didukung oleh kepuasan konsumen yang tinggi masalalu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran brand image memediasi pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap repurchase intention produk sandal nanas id di denpasar. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk sandal nanas id di denpasar. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi produk dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention sedangkan brand image memediasi inovasi produk dan digital marketing terhadap repurchase intention
References
Abdjul. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina pada PT.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, , Hal. 3553 – 3562.
Aminudin . (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Inovasi Produk Kemasan Produk terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen pada Sentra Souvenir di Desa Mulyoharjo Jepara. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1221-1232.
Anwar , R. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1370-1379.
Ayu Widianita . (2022). Peran Kepuasaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Pakian Merek Lanakila Di Bali. E-Jurnal Manajemen, 1277-1296.
Cika Melian. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Customer Experience dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Secara Online Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Simki Economic, Volume 6 Issue 2, 242-254.
Desti Ramdhani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Smartphone OPPO. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN.
Dewi , I. R. (2019). Peran Kepuasaan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen, 2722-2752.
Ellitan, S. (2023). Peran Citra Merek dan Inovasi Produk dalam Membangun Kepuasan Konsumen dan Niat Pembelian Ulang: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Ernantyo , F. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasaan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. K&K_JURNAL MANAJEMEN, VOL. 1, NO. 2.
Ernawati. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1.
F, Firmansyah. (2019). RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN DAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT PADA KONSUMEN GENERASI Z. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ekonomi Vol. 15 No. 1 .
Fandiyanto, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.
H. e. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2nd Edition, Sage Publication, Thousand.
Hasan, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Jurnal Indovisi. Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii), http://journal.dosenindonesia.org/, 83–104.
Hidayah, S. A. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang . Journal of Economic, Business and Engineering Vol. 1, No. 1, Oktober.
Joni Santika. (2019). Peran Brand Image Dalam Mmemediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Miat Beli Ulang . E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 10 : 6139-6158.
Kristyani, K. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand Experience, dan Brand Image terhadap Niat Pembelian Ulang . eJournal Administrasi Bisnis , 10(2): 125-133.
Magnadi, R. H, L. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Citra Merek Sepatu Olahraga Adidas di Kota Semarang. Diponogoro Journal Of Management, 8(4), 68-73.
Manullang, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cita Pustaka Media Perintis. Medan.
Praja, Y. (2022). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Hal 31 - 41.
Prasetyo. (2020). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman.
Rohman , I. Z. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Belu Ulang. Rohman & Naufaldi / Jurnal Manajemen Dewantara Volume 6, No 1, 53-60.
Santi , E. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, Hal. 47 - 56.
Soepeno, D, A. R. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, hlm 6 nomor 4.
Sugiyono, M. (2019). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . (cetakan ke-23). Bandung: Alfabeta.
Wijiastuti , R. D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Go Food Di Kota Sorong. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.