PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PRODUK ORIFLAME (Studi pada Konsumen Oriflame di Kota Denpasar)
Keywords:
repurchase intention, experiential marketing, perceived priceAbstract
Repurchase intentionmerujuk pada keinginan konsumen untuk melakukanpembelian atau pemakaian ulang terhadap suatu produk atau jasa yang sebelumnya pernah dikonsumsi karena adanya rasa puas terhadap produk atau jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh experiential marketing dan perceived price terhadap repurchase intention.
Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Oriflame di Kota Denpasar.Sampel yang digunakan sebanyak 104 orang yang ditentukan berdasarkan tenik purposive sampling yaitu dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria tertentu.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik experiential marketing maka repurchase intention pada produk Oriflame semakin meningkat. Perceived price jugaberpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik perceived price maka repurchase intention pada produk Oriflame akan semakin meningkat.
References
Achmad, F., & Supriono.2017. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Go-ride di Kota Surabaya) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen, 7(8), 4153-4180.
Ajzen.I., 1991. The Theory Of Planned Behavior. In: Organizational Behavior and Human Decision Process.Amherst,MA :Elsevier,50:179-211.
Amelia, W. R.2017.Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Beli ulang Pelanggan Pada Rumah Makan Beringin Indah Pematang Siantar. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 4(1), 50-60.
Ariffin, S., Yusof, J. M., Putit, L., & Shah, M. I. A. 2016. Factors influencing perceived quality and repurchase intention towards green products. Procedia Economics and Finance, 37, 391-396.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asadifard, M., Rahman, A. A., Aziz, Y. A., & Hashim, H. 2015.A review on tourist mall patronage determinant in Malaysia.International Journal of Innovation and Technology Management, 6(3), 229-233.
Cilesti, I. M., & Nifita, A. T. 2018.Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan. Digest Marketing, 3(2), 22-29.
Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Devi, Putu Sonia Chandra & Sulistyawati, Eka. Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Online Trust terhadap Repurchase Intention.E-Jurnal Manajemen Unud.Vol 7 No 6.Hal 2856-2886.https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i06.p1
Diantari, S. 2020. Pengaruh Dimensi Experiential MarketingTerhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kafe Pondok Alam Glenmore (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).
Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. 2019. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35-54.
Femaledaily.com.2021.https://reviews.femaledaily.com/brands/oriflame. Diakses pada tanggal 22 April 2021.
Fornell, C. Johnson, MD., Anderson, EW., Cha, and Bryant, BE. 1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings. Journal of Marketing, Vol. 60.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2018. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudormo Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua, cetakan kedua.Penerbit : BPFE – Yogyakarta.
Hair, F. Joseph., Black, C. William., Babin, J. Barry, and Anderson, E. Rolph. 2014.Multivariate Data Analysis.7th. New York :Prentice Hall International, Inc.
Hasan, M. M. 2013. A systematic study of solubility of physical blowing agents and their blends in polymers and their nanocomposites. Department of Mechanical and Industrial Engineering, University of Toronto, Toronto.
Hendarsono, Gersom dan Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Café Buntos 99 Sidoarjo”. Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 1 No. 2 Hal.1-8.
Id.oriflame.co.id.2021.https://id.oriflame.com. Diakses pada tanggal 24 September 2021.
Jasfar, Farida. 2012. Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa:Sumber Daya Manusia, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kevin, L., & Tjokrosaputro, M. 2021. Pengaruh Perceived Price Dan Country Of Origin Terhadap Repurchase Intention MerekMinuman Xing Fu Tang Di Jakarta: Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 52-60.
Kotler & Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2016.Marketing Manajemen Edisi 15 Global Edition England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., Bowen, J. T. R., & Makens, J. 2014. Marketing for Hospitalityand Tourism, Sixth Edition. London: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Lestari, D. P., & Dwiarta, I. M. B. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ulang Rokok Gudang Garam Surya 12 di Gresik. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 242-250.
Lubis, A., Y. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer, Jakarta:Rajawali Pers.
Merdiani, M. & Suryaningprang, A. 2019.Pengaruh Experiential MaretingPada Minat Beli Ulang Konsumen Café Dan Resto Kota Bandung Melalui Citra Perusahaan Dan Strategi Dispersi Harga.Ekono Insentif, 13(1), 71-81.
Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan, H. 2021. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230-243.
Nusarika,L. A., & Purnami, N. M. 2015. Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi Pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Junal Manajemen Unud.Vol.4.No. 8.(2380 – 2406).
Peter, P. J & Olson, J. C. 2016. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat.
Pramesti, A. M. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Make Over Dengan Pemasukan Dan Asal Daerah Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana. Yogyakarta.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values, 1(3), 171-181.
Rahmi, A.H. 2015. Uji Aktivitas Anti bakteri Ekstrak Daun Beluntas (Pluchea Indica (L.)Less.)Terhadap Propioni bacterium Acnes Penyebab Jerawat.Skripsi.Bandung, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1).
Raysa, P. 2020. Pengaruh experiential marketing terhadap minat beli ulang pada Widely Project.Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.
Resti, D., & Soesanto, H. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. 2008.Perilaku konsumen edisi 7. Jakarta: Indeks.
Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie Lazar. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.
Schmitt, B. H. 1999. Experiential Marketing :How To Get Customers to Sense, Feel, Think, Act and Relate to Your Company and Brands. New York : The Free Press.
Setiawan, P.A & Rastini, Ni Made. 2021. The Effect of Product Quality, Service Quality, and Atmosphere Stores on Customer Satisfaction and Its Impact on Repurchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research.Vol.5, Issue-3.
Setiyana, C. A. 2021. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Oriflame (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Smith, K., & Hanover, D. 2016. Experiential marketing: Secrets, strategies, and success stories from the World's greatest brands. John Wiley & Sons.
Soelistio, Yuwan. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Paket Pos Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Manajemen, Universitas Negeri Yogyakarta.
Solomon, Michael R. 2013. (Consumer Behavior) buying, having, and being tenth edition. United states of America, Pearson education limited.
Stefano, T. 2019. Pengaruh Perceived Service Quality,Pereived Produt Quality, dan Perceived PriceTerhadap Repurhase Intention Pada Café Kampung Papringan Lumajang. Agora, 7(2).
Sugianto, S. A. 2020. Pengaruh experiential marketingdanservice qualityterhadaprepurchase intentionmelaluicustomer satisfactionpada Restoran OJJU Tunjungan Plaza di Surabaya (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-15.Alafabeta. Bandung.
Suhaily, L., & Soelasih, Y. 2017. What effects repurchase intention of online shopping. International Business Research, 10(12), 113-122.
Suyetno. 2019. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang dan Word Of MouthDengan Customer SatisfactionSebagai Variabel Intervening.(Study Kasus Legend Coffee Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara Vol, 2(3).
Thamizhvanan, A. & Xavier, M. J. 2013. Determinants of Customers’Online Purchase Intention: An Empirical Study In India. Journal of Indian Business Research, 5(1).
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. 2012.Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono., F & Chandra. G. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Topbrandaward.com.2021.https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/. Diakses pada tanggal 19 April 2021.
Wijaksono, R. A. 2019. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya).Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 7 Nomor 2.
Yanto, Beatrice Tan.2018. Pengaruh Experiental Marketing terhadap Repurchase Intention melalui Experiential Value pada Konsumen Restoran Pasa Rame di Surabaya.Skripsi.Universitas Katolik Widya Mandala. Surabaya.
Yolandari, Luh Dian & Kusumadewi, Made Wulandari. Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Ulang secara Online melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Situs Online Berrybenka.com).E-Jurnal Manajemen Unud.Vol. 7 No 10.Hal 5343-5378.