PENGARUH PERIKLANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI DENPASAR)
Keywords:
Periklanan, Kualitas Produk, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Periklanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online pada E commerce Shopee. Populasi di dalam penelitian ini berjumlah 110 orang, dan karena populasi di bawah seratus jadi penarikan sampel menggunakan sempel jenuh jadi jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Data dalam penelitian ini didapat melalui hasil penyebaran kuesioner yang nantinya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa: Periklanan berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian online pada E commerce Shopee. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada E commerce Shopee. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada E commerce Shopee. Melihat hasil penelitian, maka disarankan kedepannya pihak E commerce Shopee untuk bisa berinovasi dalam membuat iklan agar nantinya terlihat bagus dan menarik bagi konsumen.
References
Agussalim, M., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317-335.
Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (10th Edition). Cengage Learning.
Arizona, N. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web, 01(02), 105–119.
Ayuningtias, T., & Waluyo, H. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu XL Prabayar di Kota Semarang (Studi Kasus pada Pengguna Kartu XL Prabayar di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 11-16.
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fatimah, S., & Hidayati, A. advertising(advertising2022advertising)advertising. Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor advertisingPribadi, dan Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk advertisingHijab (Studi Kasus pada Konsumen Alma Gallery Shop Tulungagung). Advertising Jurnal advertising Ekonomikaadvertising, 6 (2): 298advertising-advertising314. https://doi.org/10.37541/ekonomika.v62.753advertising
Firdayanti, R. (2012). Persepsi risiko melakukan e-Commerce dengan kepercayaan konsumen dalam membeli produk fashion online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1).
Habibah, Ummu dan Sumiati. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadapat Keputusan PembelianProduk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (Maret 2016) 31-48.
Hanaysha, J. . (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Hellensia Losung, Yiska et al. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan,Advertisingdan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Penggunaadvertisingkartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan.” Jurnal EMBA advertising10(1):401–11.advertising
Kajian Multimodality.” Tekstual 18(1):38. doi: 10.33387/tekstual.v18i1.695.
Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,. Pearson Education,Inc
Kurnia, M. R., Djumali, & Istiqomah. (2016). Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(1), 33–42.
Kustiwan, S., & Hadita. (2020). The Impact of the First Media Product Purchase Decision on Brand Image and Product Quality ( First Media Customer Survey in DKI Jakarta ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(4), 77–85.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Manandhar, B. (2018). Effect of Advertisement in Consumer Behavior. Management Dynamics, 21(1), 46–54. https://doi.org/10.3126/md.v21i1.27046
Maulana Malik, Firzha, and M. Rayha. Bustam. 2020. “Iklan Peringatan Rokok: Bidang
Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419
Nuary, 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta
Prasad, S., Garg, A., & Prasad, S. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment. Marketing Intelligence & Planning, 37(4), 372–385. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070