Pengaruh Brand Awareness, Persepsi Harga dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk IQOS di Bali

Authors

  • Ni Wayan Dewik Astini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

brand awareness, persepsi harga, lifestyle, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap). Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian (research problem) terjadinya fluktuasi pada penjualan produk IQOS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Brand Awareness, Persepsi Harga dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk IQOS di Bali. Populasi penelitian adalah responden yang menggunakan produk IQOS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menununjukkan bahwa brand awareness, persepsi dan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk IQOS di Bali. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain.

References

Aditya Krisna (2021) "Riset Populer Pemasaran Jilid 1" (Bandung:Media Sains).

Agusta, R. P., & Dewi, C. K. 2020. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Widjie Coffee). Volume 6 No 3.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2020). Pengaruh brand awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(6), 473-483.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi

pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al tijarah, 6(3), 96-107.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020).

Pengaruh persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(2).

Astuti, N. L. G. S. D., Widhyadanta, I.

G. D. S. A., & Sari, R. J. (2021).

Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(1), 897.

Berg CJ, Romm KF, Patterson B, Wysota CN. Heated tobacco product awareness, use, and perceptions in a sample of young adults in the U.S. Nicotine Tob Res. 2021. Nicotine Tob Res. 2021;23(11):1967–1971.

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Damayanti, E. R., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Karawang. Jurnal Ilmiah

Wahana Pendidikan, 9(2), 162-

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Tambunan, Y. N., Sylvia, D., Adnyana, I. M.

D. M., ... & Tambunan, T. S. (2021). Review Buku: Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.

Fajrin, M. R., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian KFC di Kota

-583.

Fauji, R., & Sari, F. I. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME. BUANA ILMU, 7(2), 252-265.

Fauziah, Y., Sumantyo, F. D. S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 48-64.

Fenetta, A., & Keni, K. (2020). Pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap purchase intention: Brand loyalty sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(6), 270-275.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gonzalez, J. E., & Cooke, W. H. (2021). Acute effects of electronic cigarettes on arterial pressure and peripheral sympathetic activity in young

nonsmokers. American Journal of Physiology-Heart and Circulatory Physiology, 320(1), H248-H255.

Gu, J., Gong, D., Wang, Y., Feng, T., Zhang, J., Hu, S., & Min, L. (2023). Chronic exposure to IQOS results in impaired pulmonary function and lung tissue damage in mice. Toxicology Letters, 374, 1-10.

Haitao, N. (2022). ANALYSIS OF PRICE PERCEPTION, PURCHASE INTEREST AND MARKETING PERFORMANCE ON PURCHASE DECISIONS.

Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(4), 693-702.

Haitao, Niu. (2022). “Analisis Persepsi Harga, Minat Pembelian Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian.” 3(4): 693-702.

Hardani, R. P., & Kurniawan, K. (2022). PENGARUH GAMBAR VISUAL PERINGATAN KESEHATAN PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ROKOK. Jurnal

Ekonomi dan Bisnis, 16(3), 136-

Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A.

S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. vol, 1, 202-209.

Indah, D. R., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra

ekonomi dan bisnis, 11(1), 83-

Indonesia ).hlm.37, (n.d.).

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset, 235.

Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Kementerian Kesehatan, 2017. Berhenti Merokok Pasti Bisa Tahun 2017, Jakarta: Kemenkes RI.

Kewarganegaraan, J., Bakti, R., Olinfia, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Depok, K., & Barat, P. J. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Iklan dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli di Tokopedia (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE GICI Depok ). 6(2), 3937-3951.

Manajemen, E. (2022).

Khasanah, I. (2013). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan sedaap di Semarang. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(1).

Kotler Phillp. (2021). manajemen pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta.

Kumontoy, M., Tumbel, A., & Tampenawas, J. (2023). PENGARUH BRAND

AWARENESS, BRAND CHARACTERISTIC DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI MS GLOW PUSAT TONDANO. Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 568-579.

Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion

Jiniso. Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765.

Maharani, R. A. N., & Alam, I. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 235-242.

Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75-87.

Mulyono, H., & Syamsuri, A. R. (2021). PENGARUH KETERSEDIAAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT SUMBER PERINTIS JAYA DOLOK MASIHUL. Jurnal

Bisnis Mahasiswa, 1(2), 169-

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417-1427.

Purwanto, F. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK REVLON

DI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA

YOGYAKARTA).

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap

Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.

Putri Melinda, P. U. P. U. T. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CERIAMART (STUDI KASUS CERIAMART

SEMPER TIMUR) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Ramli, R.A.L.P., & Silalahi, R.Y.B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Mobil Toyota Yaris Di Wilayah Batam. Jurnal Bening, 7(1), 4352.

Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69-80.

Saputra, A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Toko Online

“SHOPEE”(Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syari’ah Angkatan 2016 IAIN Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Setyawati, K. E., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap

Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 3(4).

Silaban, P. H., & Manihuruk, B. K. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Tiket. com (Studi Kasus Masyarakat Kota Medan).

Simonavicius E., McNeill A., Shahab L., Brose L. Produk tembakau tanpa panas: Tinjauan literatur sistematis. Tob. Kontrol. 2019;

:582–594. doi:

1136/pengendalian tembakau-2018-054419.

Sinar, M. A., Anggraini, N. P. N., &

Jodi, I. W. G. A. S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERESEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA

MARKETPLACE LAZADA DI KOTA DENPASAR. EMAS, 4(1), 118-134.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga,

C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S.

E., Gheta, A. P. K., ... & Ulfah,

M. (2022). BOOK of BRAND MARKETING: THE ART OF BRANDING.

Subarman, P. S., & Dunan, H. (2022). Pengaruh Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Karakteristik Produk Terhadap Keputusan Pembelian. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3), 405-424.

Sugiharti, S. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, DAN

KEPERCAYAAN TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN

IPHONE (Studi Kasus Pada Masyarakat DKI Jakarta) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-28. Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020).

Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(1).

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.

US Food and Drug Administration FDA Authorizes Marketing of IQOS Tobacco Heating System with ‘Reduced Exposure ’

Information. 2020. Jul 7,

Accessed September 21, 2023. Victoria, V., & Utama, T. (2022, July). Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di PT Nusa Jawara Logistik. Seminar Nasional

-NBM Arts.

Wijaya, I. W. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colatto Pastry & Bakery Gianyar. Values, 1(3).

Wolff, M., Tumbuan, W. J. A., &

Lintong, D. C. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1671-1681.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute- Journal (BIRCI-Journal, 2 (1),

–481.

Zakia, A., Adisti, A. A., & Asmarani,

A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5),

-457.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Wayan Dewik Astini, Ni Putu Nita Anggraini, & I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Persepsi Harga dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk IQOS di Bali. EMAS, 5(7), 36–55. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10004

Issue

Section

Articles