PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DESTINASI WISATA TOYA DEVASYA DI KINTAMANI BANGLI

Authors

  • Ni Kadek Eva Septia Erawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ika Prastya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Resa Adhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Kompensasi

Abstract

Manajemen sumber daya manusia yang baik merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Ketika atasan dapat memberikan kepemimpinan yang baik dalam suatu perusahaan maka dapat meningkatkan kinerja karyawan tersebut. Karyawan yang memiliki kedisiplinan kerja yang tinggi maka akan patuh terhadap peraturan-peraturan perusahaan dikarenakan kesadaran dan kesediaan mereka terhadap tujuan perusahaan. Dengan adanya kompensasi karyawan dapat memenuhi segala kebutuhannya dengan baik sehingga dapat berdampak positif terhadap kinerjanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada destinasi wisata Toya Devasya di Kintamani Bangli. Jumlah responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode sensus dimana seluruh karyawan dijadikan responden yaitu 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuesioner dimana skala pengukuran yang digunakan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinasi, uji-f dan uji-t.

Berdasarkan hasil analisis kepemimpinan transformasional berpegaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan tehadap kinerja karyawan pada Toya Devasya. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya.

References

Afandi, 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada UMKM Konveksi Indonesia Jersey Malang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Malang.

Ariandi, 2018. Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT. Gracia Utamajaya Semarang. Jurnal Akrab Jurnal. Vol.3 No.4 2018, 129-146

Aromega, 2019. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Yuta Hotel Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Bisnis dan Akutansi. Jurnal EMBA. Vol.3 No.4 2019, 129-146

Aulia, 2018. Pengaruh Kompensasi Financial dan Non Financial teradap Motivasi dan Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Telkom Cabang Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhamadiah Palopo. Vol.8 No.3

Bass, 2018. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan.Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP.

Birnerg, 2018. Pengaruh Kecerdasa Emosional, Motivasi Exsterinsk dan Dukungan Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Perumda Tirta Amertha Bhuana Kabupaten Tabanan. Jurnal EMAS Univesitas MahaSaraswati Denpasar Vol.2 No.3 2021

Hamali, 2018. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Buddhidarma Fakultas Ekonomi 2018

Hasibuan, 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja pada PT Arta Sedana Singaraja.Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Hasibuan, 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Sumut Kabanjahe. Forta Universitas Quality.

Indah, 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan.

Kasmir, 2017. Teori Sumber Daya Manusia. Artikel Lumbung Pustaka UNY

Latainer, 2019. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri 1 Suppa Melalui Layanan Bimbingan Sosial. Jurnal Pendidikan Media Vol.10, No.2 pp. 2089-8444.

Mulyono, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Perkebunan Nusantara VII. Jakarta

Mudjtahidin, 2017. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Kryawan pada Bagian Pengawas di Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Martoyo, 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Fisik dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Cok Konfeksi Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud.

Mawar, 2017. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di PT Akses Persero. Denpasar Bali.

Nawawi, 2019. Pengertian Sumber Daya Manusia.Artikel Pak Dosen.

Pertiwi, 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK. Semarang.

Rifferty, 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Perkebunan Nusantara VII.Artilek Darmajaya.

Robbins, 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Perkebunan Nusantara VII.Artilek Darmajaya.

Sbastian, 2017. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Produktivitas kerja Perusahaan CV. Laut Selatan Jaya Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.3 No.1 pp. 19-37.

Sutrisno, 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.Artikel Setiadewantara.

Sugoyono, 2017. Metode Penelitian kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi. Bandung

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif.Universitas Siliwangi

Wibowo, 2017. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bess Finance Palembang. Jurnal UM Palembang

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles