PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL,DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UPT PUSKESMAS BANJARANGKAN I KABUPATEN KLUNGKUNG

Authors

  • Kadek Ary Dwipayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kepemimpinan tranformasional, disiplin kerja dan kepuasan, kinerja karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.. Penelitian ini dilakukan pada UPT Puskesmas Banjarangkan I yang terletak di Jalan Tusan, Kec Banjarangkan Kabupaten Klungkung, Bali. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di UPT Puskesmas Banjarangkan I Kabupaten Klungkung yang berjumlah 31 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode penelitian sensus. Taknik alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional maka kinerja karyawan UPT Puskesmas Banjarangkan I Kabupaten Klungkung juga akan meningkat. disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti semakin baik disiplin kerja maka kinerja karyawan UPT Puskesmas Banjarangkan I Kabupaten Klungkung juga akan meningkat. Serta disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti semakin baik disiplin kerja maka kinerja karyawan UPT Puskesmas Banjarangkan I Kabupaten Klungkung juga akan meningkat.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anikmah (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jati Agung Aristama Grogol Sukoharjo. Skripsi, Falkutas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Aryo Tejo dan Machasin (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Univeresitas Bung Hatta

Ayu Desi Indrawati (2019) Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan pelanggan pada rumah sakit swasta di Kota Swasta Denpasar. Skripsi, E-Jurnal Manajemen Unud 5 (10), 6517-6547, 2016

Burns dalam Yukl (2010) Kepemimpinan transformasional menyerukan nilai-nilai moral dari pengikut dalam upayanya untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang masalah etis dan untuk memobilisasi energi dan sumber daya mereka untuk mereformasi institusi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 3 (1), 1-28, 2012

Bagus Ikhsan Bagaskara dan Edy Rahadja (2018), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro yang berjudul Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Cen Kurir Indonesia, Jakarta. Skripsi, Fakultas Ekomoni Universitas Diponegoro

Bass, M. Bernard dan Riggio, E. Ronald. (2010). Transformational Leadership. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Cahyono & Suharto, (2005) Kinerja merupakan tindakan–tindakan atau pelaksanaan–pelaksanaan tugas yang dapat diukur atau dinilai. Jurnal Ekonomi 8 (2), 1-12, 2018

Cemal Zehir, Busra Muceldili, dan Songul Sehir. (2012). The Moderating Effect of Ethical Climate on the Relationship between Job Satisfaction and Organizational Commitment: Evidence from Large Companies in Turkey. Jurnal Social and Behavioral Sciences. 5 (8): pp. 734-743.

Dharma (2001) Untuk dapat menilai kinerja karyawan secara objektif dan akurat adalah dengan mengukur tingkat kinerja karyawan.

Dipta Adi Prawatya (2019) Pengaruh Disiplin Kerja, Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja karyawan Pabrik Minyak Kayu Putih Di Krai Purwodadi.

Florida Dessy Putri Sanuddin,A.M Rosa Widjojo (2019) dengan judul ; Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Tonasa.

Greenberg dan Baron ( Wibowo,2013:501) Kepuasan kerja dideskripsikan sebagai sikap positif dan juga bisa negatif yang dilakukan individu terhadap pekerjaan mereka.

Gomes, Faustino Cardoso.( 2010).Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Yogyakarta

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.

Hartanto, F. M. (2009). Pradigma baru manajemen Indonesia: menciptakan nilai dengan bertumpu pada kebijakan dan potensi insani. Bandung: Mizan Publika.

Handoko. (2013). Manajemen. BPFE Yogyakarta

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Managemen,Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. 7 (2): pp. 135-142.

I Putu Yudha Perdana Putra dan I Gusti Ayu Dewi (2019;489) Pengaruh kepemimpinan Transformasional, Komunikasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Karoseri dan Body Repair PT Merpati Bali.

Khan, et al., (2011), yang juga menyatakan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Koesmono, (2006) Sumber daya manusia yang pontensial apabila didayagunakan secara efektif dan efisien akan bermanfaat untuk menunjang gerak lajunya perusahaan.

Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas yang berdampak pada Kinerja Karyawan di Perusahaan (Studi Pada PT. Kimia Farma Plant Manufacturing Semarang). Jurnal Bisnis STRATEGI. 25 (1): pp. 36-48.

Kreitner, Robert. dan Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Koesmono, H. (2013). Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Transaksional Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Guru SMA Swasta Kristen Petra (Studi pada Workshop Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya). Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 4 (1): pp. 56-68.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles