PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk-HONDA CABANG DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Desma Alvionika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugasnya atas kecakapan, usaha dan kesempatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Denpasar yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda mengelola data dengan SPSS V 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan lingkungan kerja kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2sebesar0,913.Dengan demikian sebesar 91,3% kinerja karyawan PT Astra International Tbk - Honda Cabang Denpasar dipengaruhi oleh kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja. Sedangkan sebesar 8,7% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Almeida, Victoria Araujo de. 2019. The Effect of Leadership Style and Work Environment on Employee Performance of Bnctl Branch Banks (Banco Nacional De Comercio De Timor-Leste). International Journal of Entrepreneurship and Business Development, Volume 3 Number 1 2019. Universitas Narotama, Indonesia.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara

Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Hasibuan, Siti Maisarah. "Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja." Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 1.1 (2018): 71- 80.

Kartono, Kartini, 2003, Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu), P.T Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kristanti, Renny. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan, Komitmen Organisasi, dan Ketepatan Waktu Terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value For Money (Studi Empiris pada OPD Kota Magelang). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sinambela, L. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santoso, Arief Budi. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Pamulang. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, Volume 1, Nomor 2.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariani, Luh Mang Indah, and Ni Ketut Sariyathi. "Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Peguyangan di Denpasar." E- Jurnal Manajemen Unud 6.7 (2017):35403569.

Magito. 2020. The Effect of Compensation and Work Environment To Employee Performance of PT ASS. Dinasti International Journal of Management Science, Volume 2, Issue 1,September 2020.

Riyanto, Setyo. 2017. The Impact of Working Motivation and Working Environment on Employees Performance in Indonesia Stock Exchange. International Review of Management and Marketing, Vol 7, Issue 3, 2017.

Winardi. 2016. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles