PENGARUH STRES KERJA,KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARAWAN PADA PT. COCA COLA TIRTALINA CONG, MENGWI BADUNG

Authors

  • Ni Luh Ellsa Mega Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur penting dalam satu perusahaan, karena unsur ini merupakan bagian yang menggerakan sistem disebuah perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja, kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini dilakukan pada PT. Coca Cola Tirtalina Cong, Mengwi Badung. Sampel dalam penelitian ini adalah 92 orang karyawan pada PT. Coca Cola Tirtalina Cong, Mengwi Badung. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode probability sampling: simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25.Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti semakin rendahstres kerja maka kinerjapada PT. Coca Cola Tirtalina Cong, Mengwi Badungakan semakin baik.Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa semakin baik kepuasan kerja maka kinerjapada PT. Coca Cola Tirtalina Cong, Mengwi Badung akan meningkat.Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa semakin baik lingkungan kerja maka kinerja pada PT. Coca Cola Tirtalina Cong, Mengwi Badung akan meningkat.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan

Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Aamodt, M. G. 2018. Industrial/Organizational Psychology: An Applied Approach. Cengage Learning.

Damayanti, R., Hanafi, A., & Cahyadi, A. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Non Medis RS Islam Siti Khadijah Palembang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, Vol. 15 (2), 75-86.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Fatmawati., 2018. Pengaruh jumlah penduduk usia produktif, kemiskinan dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bireuen. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 1(1): pp.15–22

Fitriana, I., & Agussalim, M. 2021. Analisis Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bumiputera Cabang Dr. Sutomo Padang. Matua Jurnal, 3(3), 499-510.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Greenberg, J. and Baron R.A. 2017. Behavior in Organization. Prentice Hall. Pearson Education International. Australia

Handoko. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: P Gramedia Pustaka.

Manalu, J. F., Panjaitan, E., Situmorang, K. D. P., & Rostina, C. F. 2021. Pengaruh Stres Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sumut KC Sukaramai Medan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1333-1357.

Mahennoko, A, A. 2017. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Ramandei. 2017. Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Jayapura). Semarang. Thesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Santoso, M. R., & Widodo, S. 2022. Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 84-94.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk MeningkatkanKompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Sumardjo, Mahendro., & Priansa D. Junni. 2018. Manajemen Pengembangan

Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media Group

Tae, F. S., Yuliari, K., Putra, Y. P., & Kristanti, D. 2021. Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Administrasi Dan Pergudangan Dipt. Surya Sawit Sejati Kalimantan Tengah. RISK: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 2(2), 24-42.

Triharyanto, R., & Jaswita, D. I. 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cyclo Coffee & Apparel Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 79-84.

Vernandes, M. A., Haryati, R., & Yuliastanty, S. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Antaran Pada PT. Pos Indonesia (Persero) di Kota Padang. Matua Jurnal, 4(1), 17-28.

Widayati, E. R., & Frianto, A. 2020. Peningkatan Kinerja Karyawan Dari Sisi Kepuasan Kerja Melalui Turnover Intention. Jurnal Manajemen, 8(2), 417-425.

Wijaya, I. K. 2018. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan cv bukit sanomas. Agora, 6(2), 1-5.

Wirya, K. S., Andiani, N. D., & Telagawathi, N. L. W. S. 2020. Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. BPR Sedana Murni. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 50-60.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles