PENGARUH KEPEMIMPINAN, KEPUASAN KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN KSU DANA RAHAYU

Authors

  • I Ketut Candra Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah kepemimpinan, kepuasan kerja dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan KSU Dana Rahayu Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang karyawan pada KSU Dana Rahayu. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan, dan kompetensi berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan pada KSU Dana Rahayu.

References

Arda, M. (2017). Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Rakyat Indonesia cabang Putri Hijau Medan. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, 18(1),45-

Ainanur,A.,&Tirtayasa,S.(2018).PengaruhBudayaOrganisasi,KompetensidanMotivasiTerhadapKinerja Karyawan. Maneggio: JurnalIlmiahMagisterManajemen,1(1),1-

Asmawiyah,A.,Mukhtar,A.,&Nurjaya,N.(2020). Pengaruh Motivasi Kerja DanKepuasanKerjaTerhadapKinerjaKaryawan.JurnalMiraiManagement,5(2).

Adam,W.N.,Suryani,W.,&Tarigan,E.S.

D.(2021).PengaruhPengembanganSumberDayaManusiaDanKompetensiKaryawanTerhadapKinerja Karyawan DiHotel NiagaraParapat Toba Sumatera Utara. JurnalIlmiahManajemen Dan Bisnis (Jimbi),2(1),41-50.

Alfanda, F. A., & Sitohang, F. M. (2022).PengaruhPemberianKompensasi,LoyalitasKerjaDanKepemimpinanTerhadap Kinerja Karyawan Pada PT.GrahaKharisma.JurnalIlmudanRisetManajemen(JIRM), 11(60)

Dewi,C.N.C.,Bagia, I.W.,&Susila,G.P.

A. J. (2018). Pengaruh stres kerja dankepuasankerjaterhadapkinerjakaryawanpadabagiantenagapenjualan UD Surya Raditya Negara.BISMA: jurnal manajemen, 4(2),154-161.

Dwiyanti,N.K.A.,Heryanda,K.K.,&Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruhkompetensidanmotivasikerjaterhadapkinerjakaryawan.Bisma:JurnalManajemen,5(2),121-130.

Gede,I.K.,&Piartini,P.S.(2018).PengaruhKepemimpinanTerhadapKinerjaKaryawanYangDimoderasiOlehMotivasiKerjaPadaBprSe-KecamatanSukawatiGianyar.E-JurnalEkonomidanBisnisUniversitasUdayana,4(7),2337-3067.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147

Huda, S., & Abdullah, R. (2022). PengaruhKompetensiDanKepemimpinanTerhadapKinerjaYangDiMediasiMotivasiKerjaKaryawanHotelHarperYogyakarta. Jurnal Ilmiah AkomodasiAgung,9(1), 21-30

Purba,D.C.,Lengkong,V.P.,&Loindong,

S. (2019). Analisis pengaruh kepuasankerja, motivasi kerja dan disiplin kerjaterhadapkinerjakaryawanpadaperusahaanumumpercetakannegararepublikindonesiacabangmanado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,Manajemen,BisnisdanAkuntansi,7(1).

Ridwan,A.A.,&Anwar,A.(2022).Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi DanGaya Kepemimpinan Terhadap KinerjaKaryawan pada PT PLN (PERSERO)UnitPelaksanaProyekPembangkitdanJaringanSulawesiSelatan.JENIUS(JurnalIlmiahManajemenSumberDayaManusia), 5(2), 274-284.

Rosmaini,R.,&Tanjung,H.(2019).PengaruhKompetensi,MotivasiDanKepuasanKerjaTerhadapKinerjaPegawai.Maneggio:JurnalIlmiahMagisterManajemen, 2(1), 1-15

Wijayanti,R.,&Meftahudin,M.(2017).Pengaruhkepemimpinanislami,motivasi dan kepuasan kerja terhadapkinerjakaryawandenganlamakerjasebagaivariabelmoderating.JurnalPenelitianDanPengabdianKepadaMasyarakatUNSIQ, 3(3),185-192

Wondal,R.R.,Tewal,B.,&Walangitan,M.

D.(2019).PengaruhKompensasi,KompetensiDanMotivasiTerhadapKinerja Karyawan Pada Pt. Bank ArthaGrahaInternatonalCabangSamRatulangi Manado Tbk. Jurnal Emba:JurnalRisetEkonomi,Manajemen,BisnisDan Akuntansi, 7(4).

Julianto, B., & Carnarez, T. Y. A. (2021).Faktor-FaktorYangMempengaruhiOrganisasiProfessional:Kepemimpinan,KomunikasiEfektif,

Kinerja,DanEfektivitasOrganisasi(Suatu Kajian Studi Literature ReviewIlmuManajemenTerapan).JurnalIlmuManajemenTerapan,2(5),676-

Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinandankompensasiterhadapkepuasankerjamelaluimotivasikerja.Maneggio:JurnalIlmiahMagisterManajemen,2(1), 69-88.

Syafrina,N.(2018).Faktor-faktoryangmempengaruhikepuasankerjakaryawanpadaPT.AspacindoKedatonMotorKandisKabupatenSiak.JurnalBenefita,3(3), 455-468.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles