PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GAPURA ANGKASA DIVISI LCC SERVICES CABANG DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Bela Sapira Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi, Lingkungan Kerja, Loyalitas Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki ketrampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan loyalitas kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang karyawan pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar. Semakin meningkat motivasi yang ada pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.Lingkungankerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar. Semakin meningkat lingkungan kerja yang ada di PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.Loyalitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar. Semakin meningkat loyalitas kerja yang ada di PT. Gapura Angkasa Divisi LCC Services Cabang Denpasar maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Ardana, M., Aeyni, V., & Ibrahim, A. 2017. Formulasi dan optimasi basis gel HPMC (hidroxy propyl methyl cellulose) dengan berbagai variasi konsentrasi. Journal of Tropical Pharmacy and Chemistry, 3(2), 101-108.

Enny, M. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.

Gunawan, A., Sucipto, I., & Suryadi, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pada Kantor Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Ikraith-Ekonomika, 3(1), 1-12.

Hendra, Danny. 2020. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non

Finansial Terhadap Kinerja (Studi pada Agen AJB Bumiputera 1912 Kantor

Cabang Blitar). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 No. 1, 1-9.

Hermanto, K., Adiasa, I., & Utami, S. F. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Infrastruktur Terbarukan Cemerlang PLTS Sengkol Lombok Tengah. Jurnal Industri & Teknologi Samawa, 2(2), 47-55.

Junaidi, J. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap epuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(4), 411-426.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2017. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulida, R. A., & Askiah, A. (2020). Pengaruh Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mahakam Berlian Samjaya. Borneo Student Research (BSR), 2(1), 696-704.

Marwansyah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Ningrum, R. S., & Pambudi, M. A. L. (2021). Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan PT. Atosim Lampung Pelayaran (ALP) Semarang Tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional, Vol. 3, No. 1, pp. 66-71.

Nitisemito, Alex S. 2017. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Arena Ilmu, Jakarta.

Oktavianti, N. (2020). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan PT. DEW Indonesia. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 148-155.

Permana, P. F. C., & Pracoyo, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan.Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(3), 80-89.

Ramandei, P. 2017. Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah. Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, UniversitasDiponegoro Semarang.

Seo, N., Rumampuk, J. L., & Potolau, M. J. J. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Telkom Kota Tomohon. Kinerja, 17(1), 52-58.

Sriyono, S. 2017. Pengaruh Teamwork, Kepuasan Kerja, dan Loyalitas Terhadap Produktivitas pada Perusahaan Jasa. Prosiding Call for Paper 2013: Bidang Manajemen, 1-27.

Subagja, I. K., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Kepuasaan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Sahabat Sampoerna Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Suhardi, A., Ismilasari, I., & Jasman, J. (2021). Analisis Pengaruh Loyalitas dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1117-1124.

Sunyoto, Danang. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS (Center Of

Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media Group.

Yuliantari, K., & Prasasti, I. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada LLDIKTI wilayah III Jakarta. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(1), 76-82.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles