PENGARUH DISIPLIN KERJA, STRESS KERJA DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ABACUS CASH SOLUTION BALI KEROBOKAN BADUNG

Authors

  • Pande Ni Putu Oka Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Made Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Pradiva Salain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Disiplin Kerja, Stress Kerja, Etos Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Setiap perusahaan selalu menginginkan karyawan untuk bekerja secara optimal mengingat karyawan memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Salah satu unsur penting dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan adalah memperhatikan tingkat kedisiplinan karyawan, memperhatikan tingkat stress kerja yang di alami karyawan dan menerapkan etos kerja yang baik demi mencapai tujuan perusanaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Disiplin Kerja, Stress Kerja dan Etos Kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Abacus Cash Solution Bali.

Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 karyawan PT. Abacus Cash Solution Bali, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Abacus Cash Solution Bali. Stress Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Abacus Cash Solution Bali. Etos Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Abacus Cash Solution Bali.

References

Hasibuan, Z. H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Padang Lawas (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Handoko, T. H. (2016). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Bpfe.

Hianais, M. R., Pemimbing, P., Priadana,

H. S., & Dewi Yuliati, S. E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengawasan T Erhadap Kinerja Pegawai Pada Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (Kpkb) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Kristianti, L. S., Affandi, A., Nurjaya, N., Sunarsi, D., & Rozi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin

Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Purwakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 101-109.

Kristianti Setyawati lily,2021, Pengaruh motivasi dan disiplin kerja teradap kinerja pegawai pada dinas pariwisata purwakarta, Jurnal Perkusi, Vol. 1 No. 1

Lestari, G., Sunaryo, H., & Priyono, A. A. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kecamatan Lowokwaru. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(01).

Mangkunegara, A. A. A. P., & Prabu, A. (2017). Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Dan Perilaku Organisasi, Jakarta : Refika Aditama. Moehoeriono. 2009, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Bogor : Ghalia Indonesia. Notoatmodjo, Soekidjo. 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rinerka Cipta.

Niazi Ali Hakim. 2019, Pengaruh etos kerja.kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja serta dampaknya terhadap kinerja

Rivai, Veithzal, dan Sagala, J., Ella. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali

Pers. Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: penerbit Erlangga

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan ke5). Bandung: PT Revika Adi Tama.

Satedjo, A. D. (2017). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pt. modern widya tehnical cabang jayapura. Agora, 5(2).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles