PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKIN CARE SCARLETT (STUDI PADA WILAYAH KOTA DENPASAR)

Authors

  • Ni Luh Putu Ganda Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ngr Gd Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

brand image, product quality, lifestyle, minat beli

Abstract

Generasi millennial di Denpasar saat ini dalam menggunakan produk skincare disesuaikan dengan trend yang berhubungan dengan lifestyle, semakin tinggi level gaya hidup seseorang berpengaruh pada meningkatnya keinginan atau minat seseorang dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, product quality dan lifestyle terhadap minat beli produk skin care Scarlett.

Hasil analisis menunjukan bahwa variabel brand image, product quality dan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Product quality adalah variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Sehingga penting bagi scarlett untuk memperhatikan citra merek, kualitas produk dan gaya hidup pada produk skin care scarlett.

References

Ajzen, I. 1991. The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, Vol 50, No 2, pp 179-211.

Algustin, W., dan Matoati, R. 2020. Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi. Vol 27, No 1.

Anshori, F. I., Ekawaty, N., dan Cahyani, J. D. 2021. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk J. Co Donuts & Coffee Di Resinda Park Mall Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Vol 5 No 2, pp 2024-2045.

Arianto, N., dan Difa, S. A. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol 3 No 2,pp 242-253.

Azis, A. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen SIM Card Telkomsel (Studi pada Pengguna SIM Card Telkomsel di Ampana Kota). Jurnal Ekonomi Trend, Vol 7, No 1, pp 71-82.

Bandura, A. 1999. Social Cognitive Theory Of Personality. Handbook Of Personality, Vol 2, pp 154-96.

Bima, D. S. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Akrab Juara, pp 113-122.

Dhaefina, Z., AR, M. N., Pirmansyah, P., dan Sanjaya, V. F. 2021. Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen, Vol 1, No1, pp 43-48.

Difa, N. A. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk. Jurnal Disrupsi Bisnis.

Erika, Y. 2021. Pengaruh Brand Scarlett, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Era New Normal (Studi Pada Konsumen Scarlett Di Kabupaten Pringsewu). Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung.

Erika, Y. 2021. Pengaruh Brand Scarlett, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Era New Normal (Studi Pada Konsumen Scarlett Di Kabupaten Pringsewu) (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fishbein, M., & Ajzen, I. 1977. Belief, Attitude, Intention, And Behavior: An Introduction To Theory And Research.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kamaluddin, K., dan Muhajirin, M. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA). Jurnal Akrab Juara, Vol 3, No 3,pp 113-122.

Kotler, K.2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.

Kotler, P. Keller,2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua.

Manek, M. Y. 2022. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas Dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Wanita Di Kota Surabaya). Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya Universitiry.

Mayasari, H., dan Patmawati, P. 2019. Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Shopee Di Kota Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan.

Naufal, L., dan Pradana, M. 2021. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Platform E-commerce Bukalapak. eProceedings of Management, Vol 8, No 5.

Negarawan, G. I. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Membeli yang di Moderasi Oleh Tipe Kepribadian Ekstrovert. PSIKOVIDYA, Vol 22, No 1, pp 62-68.

Peter, J. P., dan Olson, J. C. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Purnamasari, D., dan Yulianto, E. 2018. Analisis Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Dengan Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei Pada Konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 54, No 1, pp 92-100.

Retnowulan, J. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora. Vol 17, No2, pp 139-145.

Retnowulan, J. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga. Cakrawala, pp 139-141.

Sarwono, J., 2007.Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis Dengan SPSS, Andi, Yogyakarta.

Satria, D. A., dan Sidharta, H. 2017. Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen Porkball. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol 2, No 3, pp 398-408.

Siahaan, V. K. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Skin Care Emina. Repository, 4.

Silvya. 2009. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembeian Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 6, No. 1, pp 92-100.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono 2011. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif DanR&D. Alfabeta

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Suprapto, R. E. H., dan Setyawardani, R. D. 2022. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol 10 No 3, pp 684-698.

Tjiptono 2008. Strateghy Manajemen. Yogyakarta.

Tjiptono. 2011. Manajemen Strateghy Merek. Yogyakarta.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Wijaya, F. A., dan Sugiharto, S. 2015. Pengaruh Celebrity EndorsementTerhadap Purchase Intention DenganBrand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’s). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 9 No 1, 16-22.

Yusnidar, C., dan Isnaini, T. 2020. Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Café Di Kabupaten Pidie (Studi Kasus Di Café Black Star Sigli Kabupaten Pidie). Jurnal Real Riset, Vol 2, No 2.

Zainuddin, D. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio e-kons. Vol 10, No 3, pp 220-227.

Zulviani, M., Akramiah, N., dan Mufidah, E. 2019. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Tas € Œsophie Martin Parisâ€. Jurnal EMA, Vol 4, No 1, pp 1-13.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles