Pengaruh Brand Image, Product Quality Dan Lifestyle Terhadap Repurchase Intention Smartphone Merek Apple (Studi Pada Pengguna Iphone Di Kota Denpasar)
Keywords:
Brand Image, Product Quality, Lifestyle , Repurchase IntentionAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap). Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian (research problem) tentang peningkatan penjualan iPhone yang di alami perusahaan Apple setiap tahunya setelah Apple mengeluarkan smarphone versi terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand image, product quality, dan lifestyle terhadap repurchase intention smartphone merek Apple di Kota Denpasar. Populasi yang ada di dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti dan banyaknya sampel yang ditetapkan melalui perhitungan yang dilakukan adalah sebanyak 108 orang responden yang di ambil menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukan bahwa brand image, product quality dan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Saran dalam penelitian adalah melakukan analisis terkait faktor lain yang mempengaruhi repurchase intention.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol 50, No 1.pp 179-211.
Amoako, G. K., Caesar, L. D., Dzogbenuku, R. K., & Bonsu, G. A. (2021). Service recovery performance and repurchase intentions: the mediation effect of service quality at KFC. Journal of Hospitality and Tourism Insights, Vol 6, No 1.pp 110-130.
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2021). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review, Vol 37,No 1.pp 28-47.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), Vol 2, No 2. pp 204-219.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (2022) Data Pengguna Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Provinsi Bali 2022 Https://Bali.Bps.Go.Id (Diakses Pada 21 Juni 2023 Pukul 13.15)
Bahar, A.,& Sjaharuddin, H. (2015) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Jurnal Organisasi Dan Manajemen Vol 3, No 1.pp 14-28
Tae & Juita L. D Bessie (2021) Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention)(Survei Pada Pelanggan The Kings Resto Kupang) : Transformatif, Vol 10, No 1.pp 27-45
Data Indonesia (2023) Pendapatan Apple Dari Tahun Ke Tahun Https:// Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Penjualan-Iphone-Selalu-Melonjak-Setelah-Rilis-Seri-Terbaru (Diakses Pada 21 Juni 2023 Pikul 16.20)
Databooks (2022) Persentase Penduduk Usia 5 Tahun Ke Atas Yang Memiliki Handphone/Ponsel Di 34 Provinsi Indonesia (2022) Https://Databoks. Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/03/08/67-Penduduk-Indonesia-Punya Handphone-Pada-202 -Ini-Sebarannya (Diakses Pada 21 Juni 2023 Pukul 13.00)
Databooks (2023) Urutan Merek Smartphone Terbaik Di Q1 2023 Menurut Canalys 2023 Https://Databoks.Katadata.Co.Id/ (Diakses Pada 21 Juni 2023 Pukul 13.50 ).
Devi, A., Nugraha, H. S., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Imitasi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 4, No 1. 85-94.
Dewi, I. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention (Doctoral Dissertation, Udayana University). Vol. 8, No. 5.pp 2722-2752
Espindola & Inthurn, J. (2020). Country Image And Brand Image: The Effects "Country Image" And "Brand Image" On Luxury Products. Singapore: Sciencia Script, Vol 1,No 2.pp 134-228
Firmansyah,A. (2019), Pemasaran Produk Dan Merek (Planning Dan Strategy). Penerbit Qiara Media.
Fitria, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Surabaya. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, Vol 1, No 4. 965-980.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal Of Economic, Business And Engineering, Vol 2 , No 1.pp 24-31
Illa, M. T. S., Sidanti, H., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Pengaruh Green Marketing, Country Of Origin, Dan Lifestyle Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Tupperware Di Kota Madiun. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi Vol 22, No 1.pp 243-306
Juwairiyah, S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Perceived Price Terhadap Repurchase Intention Pada Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air (Studi Pada Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang) (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya) Vol 7, No 1.pp 17-38
Kotler, P and Armstrong,G (2018). Principles Of Marketing, 17 Th Edition. Pearson Education. UK.
Kotler, P And Keller, K,L. (2016). Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson Education Limited
Kotler, P and Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler,P And Amstrong, G. (2015). Dasar- Dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta:Erlangga.
Kotler,P And Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Laksono, D Dan Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatn Terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol 3, No 2.pp 155-164.
Luthfianto, D., & Suprihhadi, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), Vol 6, No 2.pp 26-44
Mahmuda, M. A. (2014). Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia Terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie+ Versi “Anak Cowok” Dan “Anak Cewek” (Doctoral Dissertation, Televisi ISI Yogyakarta).14-17 Juli 2014.
Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol 7, No 3.pp 12-22
Nyarmiati, N., dan Astuti, S. R. T. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng Babe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal Of Management, Vol 10, No 2. Pp 60-78
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2015). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan Oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, Vol ,No 1.pp 59-70.
Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. EMAS, Vol 2.No 1.pp 13-22
Rini Astuti Dan Muhammad Hasbi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. SCENARIO 2020. Seminar Of Social Sciences Engineering & Humaniora: Vol 20, No 1.pp 127-135
Salma, A. N. (2022). Pengaruh Product Quality, E-Servis Quality Terhadap Peningkatan Repurchase Intention Dan E-Wom Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Sari, N., & Santika, I. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Association, Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Produk Smartphone Merek Asus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol 6, No 8.pp 25-38.
Sastrawan, I. G. A., & Sukawati, T. G. R. (2021). Pengaruh Brand Image, Perceived Value Dan Trust Terhadap Niat Beli Ulang Saldo E-Wallet Gopay. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Vol 10, No 6. pp 43-61
Sinambela, E. A., Arifin, S., Putra, A. R., Jahroni, J., Rahman, A., & Faisal, M. (2022). The Influence Of Lifestyle, Reference Groups, And Country Of Origin On Repurchasing Intentions For Marlboro Cigarettes. Journal Of Marketing And Business Research (MARK), Vol 2, No 2. pp 105-114.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Sutiyono. R., & Brata. H. (2020). The Effect Of Prices, Brand Images, And After Sales Service Reinforced Bar Steel Products On Consumer Purchasing Decisions Of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel. Dinasti International Journal Of Education Management And Social Science. Vol 1,No 6.pp 945–967.
Suwastiari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2021). Pengaruh Green Marekting, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Denpasar. EMAS, Vol 2, No 1.pp 34-51
Thamrin,A Dan Francis, T. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Tjiptono, Fandy, (2015 ). Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi
Trisnayani, P. E., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Product Quality, Brand Image Dan Location Terhadap Repurchase Intention Pada Konsumen Restoran Happy Chappy Canggu Plaza. Emas, Vol 4, No 1.pp 147-160.
Wingsati, W. E., & Prihandono, D. (2017). Pengaruh Penanganan Kegagalan Layanan, Kepercayaan Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, Vol 6,No 2.pp 195-205.