PENGARUH LIFESTYLE, BRAND IMAGE DAN PRICE PERCEPTION TERHADAP BUYING DECISION PADA EJJI CANGGU X DAROO

Authors

  • Ni Luh Sinta Krisna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

buying decision, lifestyle, brand image, price perception

Abstract

Fenomena munculnya coffee shop yang menjamur akhir-akhir ini di Indonesia memberikan dampak pada semakin ketatnya persaingan yang dialami Ejji Canggu x daroo. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan strategi pemasaran untuk menarik konsumen melakukan pembelian pada Ejji Canggu x daroo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lifestyle, brand image dan price perception terhadap buying decision pada Ejji Canggu x daroo.

Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 112 orang yang merupakan konsumen Ejji Canggu x daroo yang berusia minimal 17 tahun dan pernah berkunjung dan membeli produk Ejji Canggu x daroo. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS 25 version.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel lifestyle, brand image dan price perception berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying decision. Brand image adalah adalah variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi buying decision. Sehingga penting bagi perusahaan untuk memperhatikan gaya hidup (lifestyle) konsumen, brand image perusahaan dan price perception.

References

Amron, A. 2018. The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal May 2018 edition Vol.14, No.13 ISSN: 1857 – 7881

(Print) e - ISSN 1857- 7431, 1-12.

Darojat, T. A. 2020. Effect of Product Quality, Brand Image And Life Style Against Buying Decision . Volume 3 No. 2. April 2020, pp 51-57 e-ISSN:

-9747, 1-7.

Daud, Z. U. 2018. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina

Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174-

Faisol, F., Mansur, M., & Khalikussabir, K. 2021. Pengaruh Viral Marketing, Online Marketing, Dan Lifestyle Terhadap Buying Decision (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2017 yang Membeli Sepatu Converse). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(2).

Ghipari, M. Z., Ilhamuddin, H. M., & Rusminah, H. S. 2022. Pengaruh Lifestyle, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Lombok Epicentrum Mall. Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi, 8(1), 28-47.

Hapsari, R. R., & Aminah, S. 2021. The Effect Of Brand Image And Price Perception On The Purchase Decision Of Asus Brand Laptops In Risky Media Computer Store. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 946-956.

Harapanku, I. W., Manoppo, W. S., & Rogahang, J. J. 2020. Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Meubel CV. Defmel Leilem. Productivity, 1(4), 374-377.

Harjati, L., & Venesia, Y. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791

Hutagalung, Y. M., & Waluyo, H. D. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kopi Benteng 2 Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 209-215.

Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. 2018. The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145-153.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. 12 penyunt. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, R. F. 2020. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Pada CV. Regina Motor Sumedang. Sintesa Stie Sebelas April Sumedang, 10(1), 67-79.

Kurniawan, R., & Susanti, F. 2019. Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang.

Lomboan, R., Tampi, J. R., & Mukuan, D.

D. 2020. Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256-260.

Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. 2019. Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Mukhtar, A. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Di Kota Kebumen.

Organization, I. C. 2021, May . World coffee consumption. https://www.ico.org/. diakses pada 16 Mei 2022.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-2

Rismalasari, R., Slamet, A. R., & Hatneny,

A. I. 2020. Pengaruh Lifestyle, Brand Image, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Three Second Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(07).

Saktiana, Nadela., Miftahuddin, M. A. 2021. Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian

Kosmetik Berlabel Halal (Studi Kasus Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto).

Sriyanto, A., & Utami, D. A. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163-175.

Suwastiari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. 2021. Pengaruh Green Marketing, Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee di Denpasar. EMAS, 2(1), 11-20.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.

Edisi 4: Andi

Wiranata, A. 2021. Analisis Brand Image, Citra Rasa, Harga dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kelana Kopi (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. EMAS, 2(3).

Yanthi, A. D., Hadi, P., & Astuti, M. 2020, November. Peran Korea Wave, Lifestyle, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 179-195).

Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles