PENGARUH PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE DAN LOCATION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN RESTORAN HAPPY CHAPPY CANGGU PLAZA

Authors

  • Putu Ety Trisnayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Product Quality, Brand Image, Location, Repurchase Intention

Abstract

Repurchase intention adalah intensi untuk melakukan pembelian kembali akan suatu produk sebanyak dua kali atau lebih, baik terhadap produk yang sama maupun yang berbeda. Minat beli ulang menunjukkan keinginan pembeli untuk melakukan kunjungan ulang di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product quality, brand image dan location terhadap repurchase intention pada konsumen restoran happy chappy canggu plaza. Populasi dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dengan metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, analisis determinasi uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan product quality, brand image dan location berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada konsumen restoran Happy Chappy Canggu Plaza. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lainnya.

References

Abdurochman, Muhamad Azmi, Ratih Tresnati, and Dede R. Oktini. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Green Cake dan Coffee Bandung). Jurnal Manajemen.

Agustina, Nadia, Achmad Fauzi DH, and Inggang Perwangsa Nuralam. 2018. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pengguna Kartu Operator Seluler Simpati pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi. Jurnal Administrasi Bisnis 64.1 : 92-101.

Akbar, Nico Fa'al. and Lutfi Nurcholis. 2020. Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Ekonomi.

Anjani, Andika. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Go-Food Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana). Diss. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Ayu, Dicka Puspita, and Eka Sulistyawati. 2018. Persepsi Nilai Pelanggan Memediasi Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Zalora Online Shop). Diss. Udayana University.

Elayani, I Gusti Ayu Kadek Yuni. Ni Wayan Eka Mitariani dan I Gusti Ayu Imbayani. 2022. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Pada Produk Wardah di Kabupaten Badung. Jurnal Emas Universitas Mahasaraswati.

Ernawati, Diah. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1, 2019

Fatimah, Siti. 2019. Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja 17.2 : 28-41.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM dan SPSS 24. Semarang : Bandan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2017. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Gultom, Dedek Kurniawan, Muhammad Arif, and Muhammad Fahmi. 2020. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3.2 : 171-180.

Halim, Hafiz Ahmadi, Kamener Dahliana, and Wati Linda. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kurnia Indah Travel Di Kota Padang. Diss. Universitas Bung Hatta.

Hartati, Hartati, Suardi Suardi, and Ira Nuriya Santi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sabun Mandi Merek Shinzui di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) 3.3 : 289-298.

Hasan, Ali. 2017. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS

Hidayat, Rahmat. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nilai pelanggan terhadap kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Nasabah Bank mandiri. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. V.

Imbayani, I. Gusti Ayu. Ni Made Dwi Widya Kencana Wati dan Pande Ketut Ribek. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Prodia Widyahusada. Jurnal Manajemen 1.2.

Jessica, Jessica, Medinal Medinal, and Rizal R. Manullang. 2021. Analisis Pengaruh Brand Image, Vanity Seeking Dan Materialism Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Kecantikan (Studi Kasus Pada Kimly Aesthetic Clinic Di Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Niaga Bisnis Elektronik 1.1 : 28-34.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2018. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Plilip. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Maharani, Astri Dhiah and Darmastuti, Ismi. 2017. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Marisa, Oktafalia, and Janny Rowena. 2020. Pengaruh Price Fairness terhadap Repurchase Intention High End Make Up dan Skin Care pada Generasi Milenial Di Jakarta. Jurnal Bina Manajemen 8.2 : 67-77.

Mowen, C. John dan Michael Minor. 2017. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Im3 Madiun). JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) 3.2 : 281-288.

Noor, Juliansyah. 2018. Metode Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Novitasari, Wiwid. 2022. Pengaruh Harga, Lokasi, Wom Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Cafe Senewen Time Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR) 3.2 : 86-93.

Pamungkas, Agnes Dwiganjar, and Arry Widodo. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Green Product Pertamax Turbo (ron 98) Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. eProceedings of Management 5.2.

Praja, Yudha. 2022. Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 8.1 : 31-41.

Prakoso, Aland Wibi, and Bambang Munas Dwiyanto. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen Rown Division Di Kota Solo. Diponegoro Journal of Management 10.6.

Pratmadi, Agung. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies 2.2 : 80-105.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Purnama, Rina, and Asmi Ayuning Hidayah. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Tirtayasa Ekonomika 14.2: 187-203.

Putri, Yulia Larasati, and Hardi Utomo. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi persepsi pada pelanggan dian comp ambarawa). Among Makarti 10.1.

Ramadhan, Afif Ghaffar, and Suryono Budi Santosa. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management 6.1 : 59-70.

Rohana, Tulus. 2020. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen 8.1 : 28-32.

Rosita, Rahmi. 2017. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction. E-Journal Widya Ekonomika 1.1 : 55055.

Saputro, Danang Adi, Muhammad Hufron, and Afi Rachmat Slamet. 2017. Pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan switching barriers terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada toko Ogan Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 6.02.

Simatupang, Rintar Agus. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Dan Nilai Terhadap Loyalitas Produk. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 12.1 : 55-70.

Sugiarto, Agus. 2017. Manajemen Kearsipan Modern dari Konversional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2017. Metodologi penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Suparmi, Suparami, and Kuttut Handhoko. 2018. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang.Jurnal Serat Acitya 7.1 : 102.

Supertini, Ni Putu Sri, Ni Luh Wayan Sayang Telagawati, and Ni Nyoman Yulianthini. 2020. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2.1: 61-73.

Suryani, Siti, and Sylvia Sari Rosalina. 2019. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies 4.1 : 41-53.

Tjiptono Fandy, & Chandra, G. 2018. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2018. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Viani, Gusti Ayu. Ni Wayan Eka Mitariani dan I Gusti Ayu Imbayani. 2022. Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk KFC Di Kota Denpasar Pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Emas Universitas Mahasaraswati

Wiranata, I. Ketut Adi, Anak Agung Putu Agung, and I. Made Surya Prayoga. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal EMAS 2.3.

Yunus, Astiani. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Lingkungan Fisik Terhadap Pembelian Ulang Pada Warung Kopi Harapan J2 Di Kota Palu. Jurnal Katalogis 2.7.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles