PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN TEMBUKU, KABUPATEN BANGLI

Authors

  • Ni Made Ari Trisnayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pengembangan karir, motivasi kerja, kompetensi, kinerja pegawai

Abstract

Suatu organisasi atau instansi pemerintahan didirikan kerena memiliki suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan dan kemampuan yang mencukupi untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengembangan karir, motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli.

Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli dengan menggunakan sampel sebanyak 40 orang pegawai sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian adalah Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli.

References

Amarazisa, Dheny. 2016. Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank BTN Batam. Jurnal Dimensi . Vol 5 No 2. Hal.1-15.

Darsono, Prawiranegoro dan Utari, Dewi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21 Kajian tentang Sumber Daya Manusia Secara Filsafat Ekonomi, Sosial Antropologi Dan politik. Jakarta: Mitra Wacana Madia.

Efriyaningsih, Meina. E. 2017. Pengaruh Pengembangan Karir dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja karyawan Pada PT. Bank BRI Kantor Cabang Teluk Betung Kota Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lanpung. Bandar Lapung.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hutapea, Parulian., dan Nuriana Thoha. 2016. Kompetensi Komunikasi Plus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jackson. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salembat Empat.

Juniantara, I. W dan I Gede R. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. E- Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol 4. No 09. Hal. 611 – 628.

Locke, Edwin A. (1968). Toward a theory of task motivation and incentives. Organizational behavior and human performance. Vol. 3. No 2. Hal. 157-189.

Mangkunegara, AA. Anwar P. 2016. Manajemen sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offiset.

Mangkunegara, AA. Anwar P. 2017. Manajemen sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offiset.

Marwansyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Dua. Cetakan keempat. Bandung: Alfabeta, CV.

Moeheriono. 2015. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purnamasari, Rini. 2019. Determinan Gold Setting Terhadap Kinerja Pegawai Pengelola Keuangan pada SKPD Di Kota Makassar. Jurnal Of Management And Bussines. Vol 2 No 1. Hal. 165-176.

Purwati, Ni K. S.M.T, Dr. Wayan B. Gede Putu A.J.S. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PDAM Kabupaten Klungkung. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol 8. No 2. Hal. 1-10

Pratama.P, I Putu G. A. 2020. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Sol Beach Benoa Bali. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultaa Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Rivai, veithzal., dan Salaga, Ella J. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Praktik Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rivai, Veithzal., dan Salaga, Ella J. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Praktik Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, I. P. A., Bagia, I. W., dan Suwendra, I. W. 2016. Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Pita Maha A Tjampuhan Resort & Spa. E- Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Manajemen. Vol. 4. No. 1. Hal. 1-9

Siagian, Sondong P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantara, I wayan G. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Sukawati Pancakanti Gianyar. Skripsi. Program studi Manajemen, Fakultaa Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Wibowo. 2016. Manajemen, Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wiyani, Adhitya E. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja, Pengembangan Karir Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan

(Studi Pada karyawan bagian produksi PT Temprina Media Grafika Jawa Pos Group Cabang Semarang. Diponegoro Journal Of Management. Vol 4 No 3. Hal. 1-9.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles