PENGARUH BEBAN KERJA, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA VILLA TAMAN SARI PENGUBENGAN KEROBOKAN BADUNG

Authors

  • Made Dwiky Mahendra Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Beban Kerja, Kompetensi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi prioritas dan kebutuhan utama setiap perusahaan. Setiap perusahaan tentunya akan berusaha untuk mendapatkan SDM yang hebat dan berkualitas agar dapat mendukung efektifitas dalam pekerjaan dari sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya.  Kinerja karyawan menjadi peranan penting dalam suatu organisasi. Hal tersebut juga terjadi pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Beban Kerja, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung sebanyak 35 orang, dengan menggunakan sampling jenuh yang seluruh anggota populasi digunakan sebagai responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa Beban Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini artinya semakin baik beban kerja maka kinerja karyawan semakin meningkat pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung. Sama halnya dengan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Ini artinya berarti bahwa semakin tinggi kompetensi maka kinerja karyawan semakin meningkat pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung demikian sebaliknya bilamana kompetensi kurang baik maka kinerja karyawan akan menurun dan sama halnya dengan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Ini artinya semakin tinggi motivasi maka kinerja karyawan semakin meningkat pada Villa Taman Sari Pengubengan Kerobokan Badung.

References

Brury, (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor SAR Sorong

Gibson. 1995. Organisasi dan Manajemen. Edisi ke empat. Erlangga, Jakarta.

Gunawan, (2016). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng

Hariyati, M. (2011). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta.

Hasibuan, S.P Malayu, edisi revisi 2013, manajemen sumber daya manusia, Jakarta : bumi aksara

Irwandy, (2007). Faktor-faktor yang berhubungan dengan beban kerja perawat di unit rawat inap RSJ Dadi Makassar, Makasar: Universitas Hasanuddin.

Jayanta. 2018. Peranan Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja KaryawanPada The Mansion Resort Hotel & SPA

Klarner, P., Sarstedt, M., Hoeck, M., And Ringle, C.M. (2013) “Disentangling The Effects of Team Competences, Team Adaptability, and Client Communication on the Performance of Management Consulting Teams”. Long Range Planning. 46 (3): 258-286.

Menpan. 1997. Definisi Beban Kerja. http://www.bkn.go.id. Diakses tanggal 29 Desember 2018.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi:Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Permatasari & Rachmansyah, (2019). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Pengurus Barang Di Lingkungan Pemerintahan Kota Semarang)

Sedarmayanti. 2013:206. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, CV. Mandar Maju, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri. 2020. Pengaruh Stres Kerja, Dan Beban kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dealer HondaAstra Motor Kota Bengkulu.

Sunarso dan Kusdi. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen SD Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Susilowati, N. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Kartasura (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Wasiman. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja, Beban Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Cendana Han Wijaya.

Wibowo, “Perilaku Dalam Organisasi”. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2014.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles