PENGARUH PRESTASI KERJA, REWARD DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BPR NUSAMBA MANGGIS

Authors

  • Made Hendra Mulyamerta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

prestasi kerja, reward, knowledge sharing, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja karyawan yaitu melakukan kegiatan sesuai dengan tanggung jawab agar mencapai hasil yang diharapkan, dan memenuhi persyaratan kerja yang dianggap mempunyai kemampuan, kecerdasan, dan telah memperoleh keterampilan untuk melaksanakan tugas. Peningkatan kinerja merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh manajemen demi mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi kerja, reward dan knowledge sharing terhadap kinerja karyawan pada PT BPR Nusamba Manggis. Populasi dalam penelitian sebanyak 40 karyawan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 karyawan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda, dan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan (3) knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan untuk mengembangkan dan melengkapi penelitian ini.

References

Andra dan Utami, 2018, Pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Kawi), Jurnal Vol 5 No. 8.

Anwar, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Asdi Mahasatya Jakarta.

Arifin Samsul dkk. 2018. Pengaruh Motivasi, Prestasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Puskesmas Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Jurnal Vol. 1 No. 1.

Astuti Rini dan Prayogi Imam. 2018. Pengaruh Kepemimpinan dan Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Karya Hevea Indonesia Afdeling Hevea Dolok Masihul. Sumatera Utara.

Bernardin & Russel, 2015. Pintar Manajer, Aneka Pandangan Kontemporer. Alih Bahasa Agus Maulana. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Dendawijaya Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Bogor Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko T Hani, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Cetakan Kelima Edisi Revisi, Jakarta.

Hasnan dan Yanti Sri. 2017. Kontribusi Disiplin, Pengembangan dan Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Haliburton Batam, Jurnal Vol. 11. No. 2.

Hasibuan Rahman dan Arnesih. 2020. Pengaruh Prestasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ciba Vision Batam. Jurnal Vol. 7 No. 2.

Hasibuan, SP Malayu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrahman, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Mandar Maju Bandung.

Hidayat, Faizal. 2018. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening di Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. Yogyakarta.

Hifni dkk. 2017. Pengaruh Reward, Punishment Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pabrik Gula Krebet Pt Pg Rajawali I Malang). Jurnal Riset Manajemen Unisma.

Husnan Moch. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Mandiri Maju Bandung.

Laili Tia. 2019. Analisi Motivasi dan Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Penerbit Erlangga Banjarmasin.

Manullang, 2014. Manajemen Personalia. Universitas Gajah Mada BPFE Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.

Memah Leonardo dkk. 2017. Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal administrasi bisnis.

Muizu dan Titisari ,2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi dan knowledge sharing terhadap kinerja karyawan, Jurnal Vol 7, No. 4.

Novarini, Ni Nyoman Ari dan Imbayani, I Gusti Ayu. 2019. The Influence of Reward and Punishment on Employee Performance at Royal Tunjung Bali Hotel & Spa Legian. International Journal of Applied Business & International Management, Vol 4, No. 3.

Novita, Resti dkk. 2019. Pengaruh Knowledge Sharing, Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JRMB Vol. 14 No. 2.

Orlando Okky, 2018. Pengaruh Knowlage Sharing dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Vol 6 No.1.

Pramesti, Rizki Ayu dkk. 2019. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9 No. 1.

Rivai, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Santoso Singgih 2015. SPSS Panduan Lengkap Menguasai SPSS. Penerbit Elek Media Komputindo Jakarta.

Saputro, Novian Setyaji dan Mayowan, Yuniadi. 2018. Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Individual Innovation Capability Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Rumah Opa Kitchen And Lounge). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 55 No. 3.

Siagian Sondang, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Mandiri Maju Bandung.

Suak, Raymond dkk. 2017. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Sutanraja Hotel Amurang. Jurnal EMBA Vol. 5 No. 2.

Sudarmayanti 2014. Prilaku Organisasi, Penerbit Alfabeta Badung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, Dadang. 2015. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Sutarto 2014. Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit, BPFE Yogyakarta.

Sutrisno, Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Suwasto Mohamad. 2015. Manajemen Personalia, Cetakan pertama Ghalia Indonesia Jakarta.

Tahupiah Liviani C. dkk. 2019. Pengaruh Reward dan Punishment Pada Kinerja Karyawan Di PT PLN (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA Vol. 7 No. 4.

Tohardi A 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Mandar Maju Bandung.

Zusnita Wa Ode Muizu, Titisari Andhita, 2018. Peran Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Telekomunikasi, Jakarta, Jurnal Vol 1 No.3.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles