PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ANUGRAH AGUNG ALAMI BADUNG

Authors

  • Putu Venny Sri Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Landra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kinerja karyawan, kompetensi, motivasi kerja, pengembangan karier

Abstract

Sumber daya manusia didalam suatu perusahaan merupakan ujung tombak dan memegang peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan, serta tujuan perusahaan akan tercapai apabila sumber daya manusia berkinerja dengan baik. Mengingat pentingnya sumber daya manusia, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, motivasi kerja yang baik dan diberikannya kesempatan untuk pengembangan karier oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karier terhadap kinerja karyawan pada PT. Anugerah Agung Alami, Badung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan PT. Anugerah Agung Alami, Badung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus/jenuh (saturated sample). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karier berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Anugerah Agung Alami, Badung. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karier mampu menghasilkan kinerja karyawan yang lebih baik dan hal ini harus selalu dijaga oleh PT. Anugerah Agung Alami, Badung.

References

Mangkunegara A.A. A Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. K. T., & Darmita, M. Y. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Ayung Resort Ubud Bali (Studi Pada Ayung Resort Ubud, Bali). Journal Research of Management (JARMA), 1(2), 106-118.

Dharmoko, R. J., Gama, I. G., & Parwita, G. B. S. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Renon Denpasar. Values, 1(3), 208-221.

Dwiyanti, N. K. A., Heryanda, K. K., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 121-130.

Rijal, A. F. N. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja: Studi Literatur. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 3(1), 49-58.

Rivai Dan Ella Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.

Sahadewa, I. G. A., & Rahmawati, P. I. (2021). Pengaruh Penempatan Karyawan Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pada Handara Golf and Resort Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(1), 10-20.

Saputra, I. P. A., Bagia, I. W., & Suwendra, I. W. (2016). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).1-9

Sarminingsih, N. N., Gama, I. G., & Parwita, G. B. S. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Diklat Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sinarartha Bali Money Changer Di Kabupaten Badung. Emas, 1(1), 113-121.

Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Setiono, A. E. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Pots Di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Badung Bali. Majalah Ilmiah Widyacakra, 2(01), 15-15.

Suastana, I. G., & Suthanaya, I. P. B. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Journal Research of Management (JARMA), 2(2), 168-177.

Sudama, I. K., & Kusumawijaya, I. K. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lpk Monarch Dalung-Bali. Journal Research of Management (JARMA), 2(1), 79-89.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Edited by Setiyawami. Ke-15.

Veithzal Rivai dan Basri. 2016. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Grafindo. Jakarta.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Yoga, I. N. Y. C., Suryani, N. N., & Adhika, I. N. R. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Made Bali Sempidi, Mengwi, Badung. EMAS, 2(4), 83-91.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles