PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MURID MEMILIH JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR JAMBE AGUNG BATUBULAN

Authors

  • Dewa Gede Agung Artha Swikara Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lokasi, Persepsi Harga, Citra Sekolah, Keputusan Orang Tua Murid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh lokasi, persepsi harga dan citra sekolah terhadap keputusan orang tua murid memilih jasa Pendidikan di Sekolah Dasar Jambe Agung Batubulan. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah lokasi, persepsi harga, citra sekolah dan keputusan orang tua murid di Sekolah Dasar Jambe Agung Batubulan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 514 orang. Metode penentuan sampel menggunakan metode non-probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 84 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi, persepsi harga dan citra sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan orang tua murid memilih jasa Pendidikan di Sekolah Dasar Jambe Agung Batubulan.

References

Febriano, C. P., Lisabeth, M. dan Rita N. T. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomaret Manado Unit Sea. University Sam Ratulangi. Jurnal EMBA. Vol.6 No.4

Fishbein, M., dan Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.

Gain, R., Herdinata, C., dan Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(2), 143-150.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemsaran. Jilid I. Edisi ke Tigabelas, Terjeman Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Online Purchasing.

Muanas, A. 2014. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 N0. 12 2014.

Pengenggar, G., Hidayat, W., dan Nurseto, S. 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada konsumen Warung Kopi Ttunjang Cafe and Restaurant Semarang) | Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 5 Nomor 1

Peter, J. Paul, Olson, dan Jerry, C. 2002. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2.

Ramdhani, N. 2011. ‘Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior’, Buletin Psikologi, 19(2), pp. 55–69. doi: 10.22146/bpsi.11557.

Swastha, B. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, N. J. 2014. Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk strategidan penelitian pemasaran, Edisi pertama, cetak I. Bogor: Penerbit Kencana.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip. Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles