PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. REMITEN INDONESIA KUTA BADUNG

Authors

  • Neng Ayu Agustina Wandini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja Karyawan, Kemampuan kerja, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja

Abstract

Kinerja adalah hasil yang dapat dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi baik secara kualitatif maupun kuantitatif sesuai dengan wewenang, tugas, dan tanggung jawab mereka masing-masing dalam upaya untuk secara hukum mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan tanpa melanggar hukum dan sesuai dengan moralitas atau etika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja, karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Remiten Indonesia Kuta Badung. Penelitian ini dilakukan pada PT. Remiten Indonesia Kuta Badung dengan populasi sebanyak 45 karyawan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh dimana semua karyawan dijadikan sebagai  responden. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, studi dokumentasi dan observasi. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemampuan, karakteristik individu dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Remiten Indonesia Kuta Badung. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan faktor lain yang mempengaruhi kinerja karyawan.

References

Arifudin, Opan, and Fenny Damayanti Rusmana. "Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank Bri Syariah Kabupaten Subang." Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah 6.1 (2020): 35-46.

Dhian Karunia. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Adi Satria Abadi. 2021. PhD Thesis. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Gaffar, Indar Dewi. "Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya di Makassar." Journal Economics Bosowa 3.5 (2017): 13-25.

Hasibuan, (2005, p94). BAB I Latar Belakang Kemampuan Kerja.

Heizer, Jay and Barry Render. 2001. Operation Management. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Moeheriono, M. Si. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munthe, M. 2020. “Pengaruh Kemampuan, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat”. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 2(1), 40-47.

Nariah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Ocbc Nisp, Tbk Cabang Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3).

Nurdin, I., Ratnasari, S. L., & Nasrul, H. W. Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi, Kemampuan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Austin Engineering Indonesia. Jurnal Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf Vol. 1, No 1.

Pratama, Abdul Aziz Nugraha, and Aprina Wardani. "Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendal)." Salatiga: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Muqtasid 8.2 (2017): 119-129.

Rastini. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Salimas Sejahtera (Studi Kasus pada PT. Salimas Sejahtera). 2021. PhD Thesis. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Robbins. 2008. Perilaku Organisasi, Jilid II alih bahasa Hadyana. Jakarta: Prenhallindo

Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat Bandung: Alfabeta.

Saragih, R. S., & Siagian, N. F. 2020. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 3(1), 268-276.

Sari, P. A., & Ratmono, R. 2021. Pengaruh Kemampuan Kerja, Kompensasi, Disiplin Kerja dan Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UP3 Kota Metro. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(2), 319-331.

Sihotang, J. S. 2020. “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di KPPN Bandar Lampung”. Journal of Management Review, 4(3), 535-542.

Suban, Gita Syaloom, Bernhard Tewal, and Lucky OH Dotulong. "Pengaruh Karakteristik Individu, Kompetensi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tropica Cocoprima Lelema." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8.4 (2020).

Suryani, A., & Fe, F. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Batanghari Jambi. In Prosiding Seminar Nasional AIMI. Universitas Batanghari. Jambi.

Tanjung, Rona, and S. Kom. "Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Vimtech Indonesia." Jurnal Unrika (2019).

Yusuff, A. A., Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja, dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 1-9.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles