PENGARUH PENEMPATAN KERJA, BEBAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (L.P.D) DESA PAKRAMAN PEDUNGAN

Authors

  • A.A. Ketut Sinta Ayu Arika Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tjok Istri Sri Harwathy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Penempatan Kerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi pada LPD Desa Pakraman Pedungan, kinerja karyawan masih sangat rendah dan kurangnya pencapaian target yang diberikan. Penempatan kerja yang tidak sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang karyawan miliki. Beban kerja karyawan yang meningkat dan kurangnya pembagian kerja yang merata terhadap setiap karyawan. Kepuasan kerja karyawan yang menurun karena pemberian kerja yang monoton dan kurangnya perhatian perusahaan kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan kerja, beban kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Lembaga Perkreditan Desa (L.P.D) Kecamatan Denpasar Selatan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang karyawan sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 26. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial penempatan kerja, beban kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Lembaga Perkreditan Desa (L.P.D) Desa Pakraman Pedungan.

References

Agus Tunggal., Fadil, M. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT Jasa Marga). Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Alpin Neksen, Wadud, M., & Handayani, S. 2021. Pengaruh Beban Kerja dan Jam Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Grup Global Sumatera. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 105-112.

Ayu Desi Indrawati. 2017. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 11, No. 2, pp. 105-115.

Bagus Setiawan. 2016. Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Budi Sehat di Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Erlangga: Bandung

Borman, W. C., & Motowidlo, S. J. 2003. Task Performance and Contextual

Performance: The Meaning for Personnel Selection Research. Human

Performance, Volume 10, pp. 99-109.

Cahyati, C. 2018. Pengaruh Penempatan Kerja, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Islami terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Semarang. Skripsi. IAIN Salatiga.

Erline Kristine, 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Kerja Pegawai Alih Daya (Outsourcing) Di Pt. Mitra Karya Jaya Sentosa. Jurnal Eksekutif Volume 14(1), pp. 384-401.

Hafis, L. N. 2020. Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Hanifa Islamic School. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), pp 1-12.

H. Asep Qustolani. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Prosedural Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 4(2), 78-86.

Haryono, A. T. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Tv Lcd Samsung (Studi Konsumen Di Elektronik Solution Java Supermall Semarang). Journal of Management, 1(1), pp. 26-36.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kandow, C. Kawet, Kojo. 2016. Pngaruh Disiplin Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada RSUP Prof. DR. R.D. Kandou, Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16(2), pp.1-10.

Karina, Muaja., Adolfina, A., & Dotulong, L. O. 2017. Pengaruh Penempatan Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Sulutgo Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), pp. 25-32.

Locke, E. A. dan Latham, G. P. 1990. A Theory of Goal Setting and Task

Performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Marihot Tua Efendi Hariandja. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-3. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Moh Rizal dan Bachruddin. 2018. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Di PT Sucofindo Cabang Bandung. eProceedings of Management, 5(2), pp. 1-12.

Munandar, A.S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13

ThreeEdition USA: Pearson International Edition, Prentice -Hall

Sunarso. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan

Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah. Jurnal Managemen

Sumber Daya Manusia, Vol 4. No 1, pp 11-22.

Syalimono, Bahri., dan Syaiful, S. 2019. Pengaruh Penempatan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 16-30.

Titisari, P. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behavior (Obc). Jakarta:

Mitra Wacana Media

Tobing, J. P. E., & Zamora, R. 2018. Pengaruh Konflik Kerja, Penempatan Kerjadan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Racer Technology Batam. Jurnal Dimensi, 7(3), 549-562.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles