PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN LPD DESA ADAT MAS

Authors

  • Putu Ayu Mas Intan Novinia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja karyawan, kemampuan kerja, disiplin kerja, LPD Desa Adat Mas

Abstract

      Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dalam suatu perusahaan, maka diperlukan suatu usaha untuk mengolah secara profesional agar terwujud suatu keseimbangan antara kebutuhan karyawan dengan keinginan dan tujuan perusahaan. Mengingat karyawan dianggap merupakan bagian aset perusahaan yang penting dalam memberikan kontribusi kepada perusahaan untuk memperoleh kinerja yang baik serta mampu berkompetisi. Banyaknya faktor pendukung dalam pencapaian kinerja tersebut tidak hanya berasal dari luar diri (eksternal) namun yang paling memiliki adil besar juga faktor dalam diri karyawan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan LPD Desa Adat Mas.

      Populasi penelitian adalah seluruh karyawan tetap yang bekerja di LPD Desa Adat Mas berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang karyawan yang ditentukan berdasarkan metode sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan LPD Desa Adat Mas.

References

Burso, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media.

Bustomi, Rahayu Waluyati, dan Hardyastuti. 2020. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pengolahan Teh Unit Produksi Pagilaran PT Pagilaran. Jurnal Pertanian Terpadu 8(1): 119-129.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetekan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Lely Trisnadewi, Cipta, Suwendra 2016. Penelitian Kesehatan LPD Dengan Menggunakan Metode CAMEL. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen vol 4

Lestari, Dewi. 2021. Pengaruh Karakteristik Individu, Kemampuan Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Adat Tumbakbayuh Kecamatan Mengwi. Jurnal Emas. Vol 2 Nomor 1.

Nugroho, R. A. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Hotel Baron Indah di Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Purwati, N. L. P., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. 2019. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunjaya, O. P. A., Yulianeu, Y., Hasiholan, L. B., & Syaifuddin, T. 201. Pengaruh Budaya Kerja, Kemampuan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Phapros tbk Semarang. Journal of Management, Vol. 3, No. 3.

Susanto. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan PT Tembaka. AGORA Vol. 7, No.1.

Syafrina, N. 2017. Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. suka fajar pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, vol. 8 No 4, Hal.1-12.

Wuwungan, Nelwan, dan Yantje Uhing. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA Vol.8 No.1, Hal. 75 – 84.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles