PENGARUH KEPUASAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LPD DESA ADAT MENGWI

Authors

  • Ni Putu Indah Kurnia Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Mustika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepuasaan Kerja, Disiplin Kerja, Komitmen Karyawan, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja adalah penilaian hasil kerja, serta fungsi-fungsi kerja yang dianut secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh pegawai / karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasaan kerja, disiplin kerja dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Mengwi. Penelitian ini dilakukan di LPD Desa Adat Mengwi dengan menggunakan sampel sebanyak 37 orang karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Kepuasaan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Mengwi. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Mengwi. Komitmen karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Mengwi.

References

Abdullah, M. 2018. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Bagis, Fatmah. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Institusi Pendidikan. DERIVATIF: Jurnal Manajemen Vol. 13 No. 2 Nopember 2019, hal: 16-21

Eaton, W. W., & Garrison, R. 2016. Work & Stress: An International Journal of Work, Health & Organisations Dimensions of The Psychosocial Work Environment in a Sample of The US Metropolitan Population. Nanyang Technological University, 7(4), 351–363.

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grasindo

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Jasman Saripuddin. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Seminar Nasional Multidisplin Ilmu, Vol. 2 No. 1 Tahun 2019, hal: 134-147

Latief. A., Syardiansah, Safwan, M. 2019. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Administrasi Publik: Public Admnistration Journal. Vol. 9 (1): 43-48.

Luthans, Fred. 2016. Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta.

Mahennoko, Anandhika Angga. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Progam Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiyana. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), Vol. 9 No. 2 Desember, Hal. 100-113.

Purwanti, D & Nurhayati, M. 2017. Pengaruh Iklim Organisasi Dan Tipe Kepribadian Terhadap Stres Kerja Dan Perilaku Kewargaan (Studi pada Karyawan Klinik Laboratorium Prodia Cabang Menteng, Jakarta. Jurnal Manajemen, Volume XX, No. 02, Juni 2016: 293-309.

Robbins, Stephen. 2016. Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Siswanto, Bejo. 2016. Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung: Sinar Baru.

Sopiah. 2018. Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Suwanto. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Tangerang Selatan. JENIUS: Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 3, No. 1, September 2019, hal: 16-23

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles