PENGARUH SELERA KONSUMEN, PERSEPSI HARGA DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI DI PT SEJAHTERA INDOBALI TRADA CABANG BANGLI

Authors

  • Ida Bagus Made Oka Suryawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Selera Konsumen, Persepsi Harga, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena hal ini tentu akan menjadi suatu pertimbangan bagaimana suatu strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh selera konsumen, persepsi harga dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian Mobil Suzuki di PT Sejahtera Indobali Trada Cabang Bangli.

Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan atau yang pernah membeli mobil Suzuki di Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Sejahtera Indobali Trada Cabang Bangli. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Sejahtera Indobali Trada Cabang Bangli. Diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Sejahtera Indobali Trada Cabang Bangli.

References

Arifiana, M. H. (2021). Analisis Pengaruh Globalisasi Media, Budaya Populer, Tarif Impor, Tingkat Pendapatan, Dan Selera Terhadap Keputusan Konsumen. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Yogyakarta

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud. Barelang Tani Jaya Batam. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(2), 37-53.

Indah Jauhari. 2020. Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Skripsi. Program Studi Manajemen.

Maabuat, J. O. R., Dotulong, L. O., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Hasjrat Abadi Amanado Cabang (Tendean). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1711-1720.

Parhusip, A. A., Kiem, S. R., & Dalimunthe, T. K. (2021). Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian belanja online dengan produk sebagai variabel intervening (Studi kasus pengguna Aplikasi belanja Online Lazada Di kota Medan). Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(1), 01-14.

Qiana, D. A., & Lego, Y. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Di Tangerang. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 649-660.

Sari, E. N. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa di Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, L. R., Mulyaningsih, H. D., & Harahap, D. A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding Manajemen ISSN, 2460, 6545.

Tobing, F. B. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Helm Merk KYT (Studi Kasus Warga Di kelurahan Cawang Jakarta Timur). Skripsi. Universitas Kristen Indonesia. Jakarta.

Walalayo, N., Yap, R. A., & Orisu, L. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Pendapatan Konsumen, Harga Rumah Dan Selera Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Di Kabupaten Manokwari. JFRES: Journal of Fiscal and Regional Economy Studies, 3(2), 52-58.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles