PENGARUH LOYALTY PROGRAM, DISCOUNT, MERCHANDISNG TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE DUTA PLAZA

Authors

  • I Putu Aditya Surya Pratama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Loyalty Program, Discount, Merchandising dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perkembangan ekonomi dunia berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan ditandai adanya usaha-usah dibidang fashion yang semakin banyak bermunculan. Yang memiliki peran sangat penting dalam perekonomian serta pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam hal ini industry Department store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Loyalty Program, Discount, dan merchandising terhadap Loyalitas Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung atau pernah berkunjung dan yang melakukan pembelian di Matahari Department Store Duta Plaza. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan yang bekunjung ke Matahari Department Store Duta Plaza yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan uji SPSS. Berdasarkan analisis data secara statistic diproleh hasil bahwa Loyalty Program, Discount, dan merchandising berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza.

References

Adha, M. A., Wahyudi, R., & Nahar, F. H. (2018). Pengaruh program loyalitas terhadap kesetiaan konsumen pada industri halal di Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 69-88.

Adhitya, W. R., & Sadewo, R. M. P. (2023). Pengaruh Potongan Harga, Fasilitas Toko, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Indomart Veteran Manunggal Deli Serdang. Multilingual: Journal of Universal Studies, 3(2), 239-254.

Almira, M. D. (2021). Analis Faktor Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Citra Produk, dan Tempat Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Aini Fashion Kotapinang. Jurnal Manajemen Akuntansi JUMSI), 1(3), 449-461.

Atawara, Arnoldus Janssen G. (2014) Customer Relationship Management (CRM) dan kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Karaoke Keluarga Happy Puppy di Surubaya

Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan PotonganHarga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Arikunto, S. (2013). Cara Dahsyat Membuat Skripsi. Jawa imur: Jaya Star Nine.

Asmarasari, D. T., Muftian, D. R., Diyanto, T., & Dewobroto, W. S. (2020). Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 13-32.

Aryatinigrum, S. W., & Insyirah, A. I. (2020). Pengaruh pemberian price discount terhadap loyalitas konsumen pada pengguna online marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 946-53.

Bernadi, A. B., Arifin, R., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positif Emotion Pada Usaha Fashion Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Usaha Distro & Cloting Inspired27). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(06).

Bolton, R. N., Kannan, P. K., & Bramlett, M. D. (2000). Implications of loyaltyprogram membership and service experiences for customer retention and value. Journal of the academy of marketing science, 28(1), 95-108.

Breugelmans, E., Bijmolt, T. H., Zhang, J., Basso, L. J., Dorotic, M., Kopalle, P., ... & Wünderlich, N. V. (2015). Advancing research on loyalty programs: a future research agenda. Marketing Letters, 26, 127-139.

Cahyana, M. A. D., & Sukaatmadja, P.G. (2017). Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Choiri, G. M. C., & Hidayatullah, A. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Tempat Coffee Surakarta (Doctoral dissertation, Uin Raden Mas Said).

Coelho, P. S., & Henseler, J. (2012). Creating customer loyalty through service customization. European Journal of Marketing, 46(3/4),331-356.

Danny Stevano, T. (2012). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Membership Card Oriflame terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kosmetika Oriflame di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW).

Dewi, I. K. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angaktan 2013/2014 Konsumen Traveloka) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Dewi, N. L. M. K., & Sulisyawati, E. (2020). Pengaruh merchandising terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Indomaret di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Erciş, A., Ünal, S., Candan, F. B., & Yıldırım, H. (2012). The effect of brand satisfaction, trust and brand commitment on loyalty and repurchase intentions. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 58, 1395-1404.

Erica, D., & Al Rasyid, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16(2), 168-176.

Firah, A., & Siregar, N. U. (2023). Pengaruh Promotion, Visual Merchandising dan Personal Selling terhadap Minat Beli Konsumen PT Shafco Multi Trading Medan. JaManKu: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 1 12.

Fishbein, M. dan I. Ajzen. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley, reading, MA

Fitriana, W. T. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Loyalitas, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kosmetik Wardah Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Gresik, R. I. S. K. (2010). Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta Bertawati. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2: Surabaya. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(2), 01- 08.

Hermawan, A., & Mandala, K. (2018). Pengaruh Retail Mix terhadap Kepuasan Pelanggan pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta (Doctoral dissertation, Udayana University).

Hati, S. W., & Parlewen, N. (2017). Analysis of pricing and merchandising effect to customer satisfaction and it’s affected to customer loyalty in Puri Batam Minimarket. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(1).

Jayanti, N. A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Potongan Harga, Voucher Kupon dan Garansi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Toko Quds Textille Kota Malang). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 322-329.

Koo, D. M. (2003). Inter‐ relationships among store images, store satisfaction, and store loyalty among Koreadiscount retail patrons. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 15(4), 42-71.

Kotler, Philip. & Gerry Armstrong. (2012). Principles Of Marketing. 14th ed. Pearson Education.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta Krisnanto, U., & Novianti, R. (2019). Examining the relationships between service quality, corporate image, customer satisfaction, and ustomer loyalty for an Indonesian bank. Expert journal of business and management, 7(1), 31-35.

LaCaille, L. (2020). Theory of reasoned action. Encyclopedia of behavioral medicine, 2231-2234.

Moriuchi, E., & Takahashi, I. (2016). Satisfaction trust and loyalty of repeat online consumer within the Japanese online supermarket trade. Australasian Marketing Journal, 24(2), 146-156.

Mustapa, A., Paramita, P. D., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Keragamaan Produk Sparepart Toyota Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang). Journal of Management, 4(4).

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era. Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta.

Ma'ruf, H. (2005). Pemasaran ritel. Gramedia Pustaka Utama. Novtantia, C. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Pada Potongan Harga Di Iklan Televisi Bukalapak. Com Versi Hari Belanja Online Nasional 2015 Terhadap Minat Beli Remaja Di Kota Bandung).

Nasrul, H. W., & Zulkifli, Z. (2019). Efek Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dimensi, 8(2), 307-316.

Pratiwi, A. R., & Dermawan, D. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 87-93.

Pratiwi, L. Y. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran, Loyalty Program, Intentions to Switch Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan PT. Bank Negara Indonesia 46 Merauke. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 13(1), 22-31.

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi pemasaran era digital. akarta: Prisani Cendikia.

Religia, Y. (2023). Theory OF Reasoned Action Dalam Mempengaruhi Niat Adopsi Tiktok Dikalangan UMKM. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 4(2), 199-205.

Rofianto, W., & Wicaksono, B. (2015). Peran Service Quality dan Loyalty Program Sebagai Pembentuk Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, 8(1), 30-40.

Sari, A., Widad, A., & Rosa, A. (2015). Pengaruh Sales promotion, Personal selling, dan Visual merchandising terhadap perilaku Impulse buying konsumen matahari departement store PsX Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 12(1), 45-56.

Sari, D. A. T., & Suryani, A (2014). Pengaruh merchandising, promosi dan atmosfirtoko terhadap impulse buying (Doctoral dissertation, Udayana University).

Setiadi, D., & Mustikasari, A. (2023). Pengaruh Loyalty Program terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome di Kota Bandung pada Tahun 2022 (Studi Kasus Pelanggan Prioritas atau High Value Customer PT Telkom Witel Bandung). Eproceedings of Applied Science, 9(2).

Sharma, A., & Bhardwaj, P. (2015, July). Perceived benefits of loyalty programmes and their impact on purchase intentions of customers. In Prima (Vol. 6, No. 1). Publishing India Group.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet

Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh persepsi harga, Discount, dan customer experience terhadap loyalitas pelanggan produk fashion Shopee. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1- 16.

Tsabita, H., & Djamaludin, M. D. (2023). The Influence OF Perceived Loyalty Program And Satisfication Level Toward Loyalty Level OF Online Transportation Consumers. Journal of Child, Family, and Consumer Studies, 2(2), 147-157.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service Quality dan Satisfaction Ed. 4. Yogyakarta Andi offset. Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasara edisi 4. Andi. Yogyakarta

Tahal, R. (2014). Loyalty programs in e-commerce and their perception by the young adult internet population. Central European Business Review, 3(2), 7-13.

Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Customer Loyalty Program serta Service Recovery Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Retention (Studi pada Pengguna Shopee di Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Wah Yap, B., Ramayah, T., & Nushazelin Wan Shahidan, W. (2012). Satisfaction and trust on customer loyalty: a PLS approach. Business strategy series, 13(4), 154- 167.

Yulianti, N. M. D. R. (2017). Pengaruh Merchandising, Basic Principles, dan Retail Services terhadap Perilaku Hedonik dan Kepuasan Konsumen pada Discovery Shopping Mall. Media Bina Ilmiah.

Downloads

Published

2024-10-15

Issue

Section

Articles