PENGARUH SERVICE QUALITY, PROMOTION, DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA ANTAR MAKANAN SHOPEEFOOD DI KABUPATEN BADUNG
Keywords:
Service Quality, Promotion, Brand Trust dan Loyalitas PelangganAbstract
E-commerce saat ini semakin maju dan terus berkembang hal ini terbukti
dengan hadirnya food delivery yang bermunculan serta aplikasi online yang semakin
masih membuka peluang bisnis. Termasuk e-commerce Shopee yang memperkenalkan
ShopeeFood yang merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan penjualan
makanan dan minuman secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh service quality, promotion, brand trust dan loyalitas pelanggan menggunakan
jasa antar makanan ShopeeFood di Kabupaten Badung. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan ShopeeFood yang jumlahnya tidak
diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Hair et al., (2020) yang diperoleh
jumlah sampel sebanyak 125 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan pada ShopeeFood di Kabupaten Badung.
References
Agatha, F. (2020). Pengaruh Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito, P. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ka lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2).
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50:179-211.
Alfian, A., & Susanti, R. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo Di Risel Cell Kec. Sangir Kab. Solok Selatan. Jurnal Economina, 2(2), 666-677.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
Ariyani, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap; Kepuasan Pelanggan, Perceived Value, Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pengguna Shopee Food Di Kota Yogyakarta.
Fakhri, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Buku Fadira Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 13(3), 290-298.
Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), 333-343.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.
Hurriyati, R. (2019). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Irawan. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Digital Card By. U Di Kota. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 402-409.
Kusumayanti, K., Kamanda, S. V., & Hermansyah, T. (2022). Pengaruh Moderasi Citra Merek Terhadap Hubungan Antara Promosi Dan Loyalitas Pada Pelanggan Shopeefood Di Batuaji Batam. JURNAL AL-AMAL, 1(1), 39-46.
Khoirunnisa, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1).
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Laurencia, E. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Nike Pada Mahasiswa Kwik Kian Gie School Of. Jurnal Manajemen, 4(1).
Mahanani, E., & Kudratul Alam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’Besto Cabang Darmaga Caringin Bogor. eJournal STEI, 19(01), 11-22.
Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 1(1), 139-152.
Nurunisa, A., Yusnita, R. T., & Asyiah, A. K. (2023). The Influence Of Location Promotion And Service Quality On Purchase Decisions (Survey Of Consumers At Anna Putra Store, Pasar Cikurubuk Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management (JIM), 3(3), 371-382.
Pahlevi, R. 2022. Survei: Nilai Transaksi Layanan Pesan Antar Makanan Indonesia (2022). Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-dan-grabfood.
Pangastuti, A., Santoso, E., & Hartono, S. (2022). Pengaruh Relationship Marketing, Service Quality dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Sor Sawo Ponorogo). Jurnal Manajemen, 7(1), 21-3.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry L.L. (1988) “SERVQUAL: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality”, Journal of Retailing. Vol 64, Spring, pp.12-40.
Putri, N. K. I. N., Agung, A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Suar Nusa Jaya Tour. VALUES, 2(2).
Safitri, I., & Mauludi, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina Cosmetics Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Satu Tulungagung Angkatan Tahun 2018. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(3).
Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).
Sari, D. P. H., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2021). Pengaruh Brand Trust, Service Quality Dan Customer Satisfaction Pada Loyalitas (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar). EMAS, 2(2).
Sariah Nurul, I. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pembelian Sampo Pantene Di Kelurahan Kayu Putih Jakarta Timur (Studi Kasus: Pengguna Sampo Pantene Di Kelurahan Kayu Putih Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Unsada).
Setyarana, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Go-Food Di Kota Jakarta: Bahasa Indonesia. Manajemen Dewantara, 6(1).
Siregar, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Unit Mikro Bank Syariah Mandiri Medan Pulo Brayan). Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 5(1), 130-141.
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15.
Sulandjari, R., & Ferdiansyah, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan di Online Shop Brilink Khumaira. Jurnal Egaliter, 4(7)
Talumepa, J. S., Pio, R. J., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Media Sosial terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Kenangan. Productivity, 4(2), 207-216.
Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., & Aristayudha, A. N. B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Kasus Pada Universitas Bali Internasional). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2).
Yani, M. I., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Edwin Jeans Indonesia Pada E-Commerce Shopee. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3).
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923-926.