PENGARUH SELF CONGRUITY, BRAND ENGAGEMENT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KEDAI KOPI M.ABOE TALIB DENPASAR TIMUR
Keywords:
Brand engagement, loyalitas, Store atmosphereAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self congruity, brand engagement, dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan di kedai kopi M.Aboe Talib Denapasar Timur. Penelitian ini dilakukan di kedai kopi M.Aboe Talib yang terletak di Denpasar Timur.
Metode pengumpulan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert kepada 108 responden yang pernah berkunjung dan membeli kopi di kedai kopi M.Aboe Talib Denpasar Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuesioner layak digunakan, selanjutnya data yang terkumpul diuji dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) self congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada kedai kopi M.Aboe Talib Denpasar Timur 2) brand engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada kedai kopi M.Aboe Talib Denpasar Timur 3) store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada kedai kopi M.Aboe Talib Denpasar Timur
References
Achmad, Zakarija. 2008. Theory of Planned Behavior. Artikel Dosen Fakultas Ekonomi UMM: zakarija.staff.umm.ac.id.
Ajzen, 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and. Human Decision Processes, 50: 179-211.
Algharabat. (2018). The Effect Of Telepresence, Social Presence and Involment On Consumer Brand Engagement: An empirical Study Of Non-profit Organizations. Journal of Retailing and Consumer Service.
Amstrong, P. K. 2014. Principle Of Marketing. New Jersey:Pearson Pretice Hall.
Andina Eka Mandasari, M. S. (2020). Pengukuran Self-Brand Congruity Pada Industri Kuliner. Jurnal Ekonomi Manajemen.
Ariani, D Wahyu, Manajemen Operasional Jasa, cet 1, Graha Ilmu: Yogyakarta, 2019.
Asrinta, P. S. (2018). The Influence of Sales Promotion and Store Atmosphere toward Impulse Buying With Shopping Emotion as Intervening Variabel. Journal of Research in Management.
Baharuddin, A., & Sudaryanto, B. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Repurchase Decision Dan Loyalitas Konsumen Pada Coffee Shop (Studi Pada Konsumen Coffee Shop Di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1).
Budi, N. A., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Corporate Image, Store Atmosphere Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Aluna Home Spa Semarang). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2288-2298.
Cici, C., & Mardikaningsih, R. (2022). Pengaruh Kepribadian Merek, Pengalaman Merek, dan Cinta Merek The Body Shop terhadap Loyalitas Merek. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 93-99.
Daniel I Nyoman Renatha Cardia, I. W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga,dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen.
Dewa Ayu Febriyanti, N. W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT BPR Saraswati Ekabumi. Journal Emas.
Dian Retno Intan, d. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Pertanian Agros.
Erciş, A., Ünal, S., Candan, F. B., & Yıldırım, H. (2021). The effect of brand satisfaction, trust and brand commitment on loyalty and repurchaseintentions. Procedia-Social and Behavioral Sciences,58, 1395-1404.
Evi, R. d. (2015). Pengaruh Costumer Engagement Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen.
Fathin, A., Cahaya, Y. F., & Erasashanti, A. P. (2022, July). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pengguna SIMCARD Telkomsel di Jabodetabek). In Seminar Nasional Riset Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).
Febriyanti, D. A. P., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada PT BPR Saraswati Ekabumi. Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1).
Ferdinand, Augusty. 2018. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro
Ferdinand, A. T. (2022). Pengaruh Social Media Advertising Dengan Brand Awareness Dan Internal Self-Congruity Sebagai Variabel Intervening Untuk Mengukur Customer Purchase Intention (Studi Pada Produk Kecantikan Blush On Merek Make Over). Diponegoro Journal Of Management, 11(1).
Ghaliza, M. R. D. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Coffeeright Cibubur) (Doctoral Dissertation, Universitas Bakrie).
Hanifa, B. E. (2022). Analisis Bauran Pemasaran pada Kalih Coffe Tea and Spaces Purwokerto Tahun 2022. Jurnal Telkom.
I Gusti Agung Tri Purnami, I. G. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Demung di Sibangkaja. Jurnal Emas.
Isrofa, W. D. (2023). Pengaruh Personalisasi dan Promosi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Belanja Bahan Makanan Online: Studi Pada Alfamart. Economics Business Finance and Entrepreneurship.
Jannata, R., & Santoso, S. B. (2022). Pengaruh Perceived Quality, Perceived Price, Brand Image, Dan Self-Congruity Terhadap Brand Loyalty Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Lemonilo Di Wilayah Semarang) (Doctoral Dissertation, Undip: Fakultas Ekonomika Bisnis).
Keni, V. Y. (2022). Costumer Brand Engagement dan Brand Experience Untuk Memprediksi Brand Loyalty Skincare Lokal: Variabel Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi.
Kotler, Philip and Lane Keller. 2017. Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Mulyana D Rudiana D, T. A. (2019). The Role Of Value Co-Creation Based On Engagement To Develop Brand Advantage. Polish Journal Of Management Studies.
Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi Pemasaran. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Mutiara Ramadhani, d. (2023). Pengaruh Word Of Mouth dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen di S3 Coffe dan Cafe. Jurnal Ilmiah Mahasisa Merdeka EMBA.
Majid, N. 2018. Program Magister Manajemen Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Maslikhatin, U. H., & Ferdinand, A. T. (2022). Analisis Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Dengan Self-Congruity Dan Brand Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee) (Doctoral Dissertation, Undip: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).
Muis, Moh Sidik Priadana Saludin. 2019. Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Purnami, I. G. A. T., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Kosumen Pada Warung Demung Di Sibangkaja. Emas, 4(6), 1350-1361.
Prasetyo, D. W. (2019). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen dan Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Ejournal Unikama.
Ramdani, C. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Lotte Indonesia. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 5(4), 969-977.
Sinambela, E. A., & Mardikaningsih, R. (2022). Loyalitas Merek Milo Ditinjau dari Kualitas Produk dan Brand Image. Jurnal Simki Economic, 5(2), 155-164.
Siregar, S. F. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.
Suryadinata, E. (2019). Pengaruh Self Congruity dan Brand Personality Terhadap Brand Community untuk Meningkatkan Brand Loyalty. Petra Business dan Management.
Tasya, dkk. (2023). Pengaruh Costumer Engagement dan Costumer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada ESL Express Cabang Soekarno Hatta Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA.
Tiara, dkk. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online(GO-JEK): Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.
Widianti, W. (2022). Pengaruh Citra Merek, Komunikasi Merek, Kepuasan Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Merek. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(1), 803-828.
Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388-399.
Whinarko. (2022). Determinan dan Outcome Brand Engagement In Self Concept(BESC) Produk Sepatu Lokal Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA.
Zikmund, William G, Babin Barry J. 2018. Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta.: Salemba Empat. Internet: www.legipait.com/ diakses pada 10 Januari 2023