PENGARUH KEPEMIMPINAN DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KELURAHAN PENATIH

Authors

  • I Putu Adi Gunawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiara Carina Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kepemimpinan, disiplin kerja, kinerja

Abstract

Setiap perusahaan selalu mengharapkan pegawainya untuk bekerja dengan optimal mengingat pegawai memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Rendahnya suatu kinerja pegawai dalam perusahaan merupakan suatu masalah yang banyak dijumpai dalam perusahaan. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah kepemimpinan disiplin kerja dan kompensasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Penatih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Kelurahan Penatih yang berjumlah 35 orang pegawai. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang pegawai. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert dengan skor nilai 1 sampai 5. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian: (1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Penatih; (2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Penatih; (3) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Penatih

References

Afandi, A., & Bahri, S. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 235-246.

Elburdah, Risza Putri. 2020. Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Penta Artha Impressi Area Tangerang Selatan. Jurnal Semarak, 3(2), 41-52.

Fahmi, I. 2014. Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Feel, N. H., Herlambang, T., & Rozzaid, Y. 2018. Pengaruh disiplin kerja, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 176-185.

Harahap, Anggi Padlyansyah. 2020. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PDAM Tirta Bina Rantauprapat. Skripsi. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Hasibuan, H. Melayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indriyani, Meri. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai UMKM Songket Silungkang Aina Kota Sawahlunto. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri.

Isvandiari, A., & Al Idris, B. 2018. Pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt central capital futures cabang malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 17-22.

Mardiana, Rika dan Yanda Kusuma. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai UD Agro Alam Raya. Jurnal Bisnis Indonesia, 12(1), 98-122.

Novita, Dian. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT Sibuah Raya. Skripsi. Universitas Muhammaddiyah.

Nugraha, A., & Tjahjawati, S. S. 2017. Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(3), 24-32.

Nurainiyah, Afifah. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Swiwings Banyuwangi dan Jember. Skripsi. Universitas Jember.

Rivai, A. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213-223.

Rivai, V. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saleh, A. R., & Utomo, H. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di Pt. Inko Java Semarang. Jurnal Among Makarti, 11(1).

Sembiring, Hema Fourtunela BR. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara. Skripsi. Universitas Medan Area.

Sopiandi, Alpian. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Indoland Batam. Skripsi. Universitas Putera Batam.

Syafrina, N. 2017. Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. suka fajar pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 8(4), 1-12.

Yulandri, Y., & Onsardi, O. 2020. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 1(2), 203-213.

Zulkarnaen, W., & Herlina, R. 2018. Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung terhadap Kinerja Karyawan Bagian Staff Operasional PT Pranata Jaya Abadi Banjaran. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(2), 90-114.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles