PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SWALAYAN RAMA SRINADI KLUNGKUNG

Authors

  • Ni Wayan Puspita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi, Kepuasan kerja, Displin kerja, Kinerja karyawan

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) dalam suatu sistem operasi perusahaan merupakan salah satu pasar modal, memegang suatu peran yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan perlu mengelola dan mengembangkan SDM dengan baik, sebab kunci sukses suatu perusahaan bukan hanya pada keunggulan teknologi dan tersedianya dana saja, akan tetapi faktor manusia merupakan faktor yang penting pula. Pengelolaan SDM yang baik merupakan hal utama yang mempengaruhi tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kepuasan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Swalayan Rama Sarinadi Klungkung.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Swalayan Rama Srinadi Klungkung. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh (sensus) dengan jumlah responden sebanyak 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis regresi linier berganda. Selain hal tersebut di dalam penelitian ini juga dilakukan analisis statistik deskriptif serta uji asumsi klasik yang meliputi uji asumsi normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastistas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,  Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,  Disiplin kerjs berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan

References

Aniasari, Y., and Wulansari, R. (2021). Pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Sentra Ponselindo. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 139-144.

Changgriawan, G. S. (2017). Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di One Way Production. Agora, 5(2).

Dhermawan, A.A.Ngurah Bagus, Sudibya Adnyana I Gde dan Utama Mudiarta I Wayan. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan (Matrik). 6(2), pp72-80.

Dipoatmodjo, T.S.P., et al. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. IBUNDA di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, 1(2), 48-56.

Dewi, I. K., and Mashar, A. (2019). Nilai-Nilai Profetik Dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kinerja. Lampung: CV Gre Publishing.

Fajri, C., et al. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indonesia Applicad. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 369-373.

Fitri, et al. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Karyawan Hotel Bahari, Kabupaten Tegal. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), 276-293.

Fajri, C., and Dalmar, H. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV Permata Mitra Karya Tangerang Selatan. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 1(2), 57-62.

Hasibuan S.P Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hasibuan SP. Malayu, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Rahmawani, R., and Syahrial, H. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Terbatas Sinarmas Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), 27-40.

Rachmawati, E. M., and Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja, Achievement Motivation dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pos Surabaya 60000. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).

Kertiasih, and T Vipraprastha. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha 5 (2), 107-112

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maslow. 2002. Motivation and Personality. Harper & Raw, Pubiisher

Mitchell, T.R Daniels, D. (2003). Handbook of Psychology: Volume 12, Industrial And Organizational Psychology. editor-in-chief Weiner, I.B. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Muslimat, A., and Ab Wahid, H. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia Kantor Cipondoh. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 120-127.

Mathis, R.L. and J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Permatasari, C. I., and Novitasari, D. (2021). Pengaruh Disipkin Kerja, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada AHASS Manteb Motor Tahun 2020. Skripsi

Qiyah, D. U. (2021). Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PTBahteraBahari Shipyard (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Saputri, and Andini Dwi. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja dan Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT Putra Karisma Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, Vol. 2, No. 1, Maret 2021

Sudjatmoko, S., and Rusilowati, U. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Mandiri Cabang Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(2), 286-292.

Syatoto, I., and Kambae, A. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT AK, Tbk. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(4), 322-330.

Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta Bumi Aksara.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Tohardi, and Ahmad. 2002. Pemahaman Prakus Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung.

Utami, et al. 2019. Motivasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Organisasi Sebagai Faktor Penentu Kinerja Guru dan Tenaga Tenaga Kependidikan (Studi Empiris Pada SDM Di Kecamatan Denpasar Barat). Prosiding. Pp. 1-18

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles